Yuk Kenalan dengan Makanan Kaya Serat yang Baik Untuk Kesehatan Si Buah Hati

Makanan Kaya Serat
Makanan Kaya Serat

Sebagai orang tua tentu menginginkan nutrisi yang terbaik untuk perkembangan dan kesehatan sang buah hati. Asupan gizi dan nutria anak memang harus lebih diperhatikan. Pasalnya, sistem kekebalan anak – anak masih tergolong lemah jika dibandingkan dengan orang dewasa. Untuk menjaga kesehatan si kecil, para orang tua sangat disarankan untuk memberikannya nutrisi berupa makanan kaya serat.

Makanan berserat mengandung serat alami yang baik untuk pencernaan anak. Rutin memenuhi asupan serat pangan dalam tubuh akan membuat gangguan pencernaan dan penyakit lainnya enggan bersentuhan dengan si kecil. Bagi anda yang ingin memberikan nutrisi terbaik untuk sang buah hati, berikut daftar makanan berserat yang baik untuk anak.

Beras Merah

Sudah bukan rahasia lagi jika beras merah memiliki kandungan gizi dan serat yang jauh lebih banyak ketimbang beras putih. Kandungan serat tinggi pada beras merah membuatnya digemari oleh semua kalangan mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Secangkir nasi beras merah mengandung kurang lebih 4 gram serat alami yang baik untuk sistem pencernaan anak. Pengolahan beras merah pun tidaklah rumit, cara mengolahnya sama dengan membuat nasi putih seperti biasanya. Untuk menghindari anak merasa bosan dengan olahan beras merah, anda bisa mengkreasikannya menjadi nasi goreng, nasi bakar, nasi uduk, nasi liwet, dan nasi gurih. Dengan rasa yang lezat dan kandungan serat tinggi, beras merah cocok untuk dikonsumsi sang buah hati.

Gandum atau Roti Gandum

Jika anak anda sangat menyukai camilan seperti roti, ada baiknya untuk mengenalkannya dengan roti gandum. Roti gandum memiliki kandungan gandum yang dipercaya sangat baik untuk melancarkan pencernaan anak. Setiap irisan roti gandum mengandung kurang lebih 2 gram serat pangan yang baik untuk tubuh.

Anda bisa menjadikan roti gandum sebagai pengganti sarapan pagi. Untuk menambah selera makan anak, anda bisa mengkreasikannya dengan berbagai isian seperti selai buah, selai coklat, susu, atau makanan kesukaannya.

Oatmeal

Nama makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Namun, tidak semua anak tertarik dengan rasa oatmeal yang terkesan hambar dan membosankan. Untuk itu, anda bisa mengkreasikannya dengan bahan makanan lain seperti madu, susu, atau buah – buahan.

Semangkuk makanan kaya serat ini mengandung kurang lebih 4 gram serat pangan yang baik untuk pencernaan. Cobalah untuk mengganti sarapan sang buah hati dengan semangkuk oatmeal. Jika masih pertama kali mengenalkan oatmeal, ada baiknya untuk tidak memberikannya terlalu banyak. Hal ini dilakukan guna menghindari ketidaksukaan anak pada oatmeal.

Popcorn

Siapa sangka bahwa camilan lezat yang berbahan dasar jagung ini memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk pencernaan anak. Meski terlihat seperti makanan ringan, popcorn terbukti memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan setara dengan roti gandum.

Ketimbang ketiga makanan kaya serat diatas, popcorn tentu akan lebih disukai oleh anak – anak karena bentuknya yang sama persis dengan makanan ringan. Namun kandungan gula pada popcorn yang ada di pasaran cukup tinggi, sehingga kurang baik untuk sang buah hati. Untuk menghindari hal ini, anda bisa membuat popcorn versi anda sendiri di rumah. Cara membuatnya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Sebagai informasi, jagung berondong hanya disarankan untuk anak yang sudah berusia lebih dari empat tahun. Selain itu, hindari tambahan toping atau pemanis buatan yang dapat merusak kesehatan gigi anak.

Demikianlah daftar makanan kaya serat yang cocok untuk dikonsumsi anak – anak. Dengan memenuhi asupan serat dalam tubuh anak, perkembangan dan kesehatan akan lebih terjaga dengan baik.