Tips Memilih Apartemen di Jakarta untuk Keluarga Kecil

Apartemen di Jakarta

Tips Memilih Apartemen di Jakarta untuk Keluarga Kecil – Jika Anda berdomisili di Jakata dan hendak membeli apartemen, terdapat beberapa aspek yang perlu Anda pertimbangkan. Sebagai investasi dan tempat tinggal, pemilihan apartemen tidak boleh sembarangan. Apalagi untuk Anda yang sudah berkeluarga, apartemen sebagai hunian bergaya vertikal cukup sesuai dengan gaya hidup perkotaan yang serba minimalis dan praktis.

Apartemen di Jakarta memiliki spesifikasi yang beragam, terutama pilihan fasilitas dan ukuran yang disediakan. Anda yang sudah berkeluarga dengan jumlah anggota individu yag lebih banyak  membutuhkan apartemen dengan ukuran yang lebih besar, berbeda dengan ukuran apartemen yang digunakan untuk mereka yang masih single.

Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen di wilayah Jakarta, sebaiknya Anda mempertimbangkan dulu beberapa aspek di bawah ini. Dengan begitu, Anda tidak salah pilih dan kecewa karena salah pembelian di kemudian hari. Diantara aspek yang harus Anda perhatikan adalah:

Lokasi yang Sesuai

Sebagai sebuah keluarga kecil, tentunya Anda harus mempertimbangkan lokasi untuk membeli apartemen, dengan pertimbangan tidak terlalu jauh dari tempat kerja dan tempat layanan umum; seperti sekolah, rumah sakit, maupun pusat perbelanjaan. Pemilihan lokasi yang tepat bisa membantu Anda untuk menghemat biaya transportasi yang tidak diperlukan.

Selain akses layanan sosial, perhatikan apakah lokasi apartemen tersebut juga bisa di jangkau dengan mudah oleh kendaraan umum, atau setidaknya dekat dengan fasilitas transportasi. Akses yang terbatas akan membuat Anda tidak bisa beraktifitas secara maksimal dengan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk menuju lokasi yang hendak dituju.

Perhatikan Biaya dan Harga Beli Lain

Harga apartemen di Jakarta cukup beragam tergantung dengan fasilitas yang disediakan oleh pihak pengembang. Selain harga beli, Anda juga harus memperhatikan besaran biaya pengembangan ataupun biaya lain, yang rutin dibayarkan setiap bulanya. Ada pula pihak pengembang yang memberikan penawaran harga berbeda tergantung dengan jenis view jendela apartemen.

Pembayaran apartemen bisa Anda pilih sesuai kemampuan, misalnya jika Anda mampu membayar secara tunai, maka bayarlah secara penuh ketika proses pembelian berlangsung. Pembayaran tunai dan langsung lunas biasanya akan membuat harga menjadi lebih murah karena diskon yang ditawarkan. Namun Anda juga bisa mengajukan kredit dengan pembayaran yang dilakukan setiap bulannya jika diperlukan.

Fasilitas Apartemen

Tentu Anda tidak ingin apartemen di Jakarta yang Anda miliki hanya berupa bangunan tanpa fasilitas. Sebelum membeli apartemen, coba periksa kembali jenis fasilitas apa yang ditawarkan oleh pihak pengembang, dengan begitu Anda bisa memperkirakan aktifitas yang bisa dilakukan sebagai kegiatan penjunjang selama tinggal di apartemen tersebut.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan biasanya berupa tempat olahraga, baik gym ataupun kolam renang, tempat ibadah yang mudah diakses, hingga supermarket. Anda yang ingin membeli apartemen di wilayah Jakarta bisa mengunjungi link https://www.rumah.com/apartemen-dijual/di-area-jakarta-pusat-idjk02 untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai berbagai jenis apartemen, fasilitas, dan informasi detail lainnya.

Pilih Perusahaan Pengembang

Selain aspek material pada bangunan dan fasilitas yang ditawarkan, Anda juga harus mengetahui reputasi yang di miliki oleh pihak pengembang. Reputasi dan rekan jejak kerja perusahaan yang baik tentu akan membuat Anda yakin bahwa mereka bukan pengembang palsu. Dengan begitu, Anda bisa menghindari berbagai kejadian yang sekiranya tidak menguntungkan ke depannya.

Pelajari pula sertifikat bangunan yang akan Anda terima, baca dengan seksama sebelum Anda benar-benar menerimanya dari pihak pengembang. Akan lebih baik jika Anda bisa segera mengajukan pertanyaan jika ada hal yang kurang dipahami. Beberapa surat penting yang nanti akan Anda miliki adalah sertifikat Hak Guna Bangunan, Izin Mendirikan Bangunan, serta sertifikat izin penggunan tanah yang sesuai dengan anjuran pemerintah.

Bandingkan Harga dengan Apartemen Lain

Jangan hanya memilih satu apartemen saja sebelum benar-benar membelinya, cari dua sampai tiga bangunan apartemen dan bandingkan harga apartemen di Jakarta tersebut antara satu dengan yang lain. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan apartemen yang paling sesuai dengan keinginan dan kondisi keuangan Anda.

Kemampuan finansial merupakan hal yang penting sebagai pertimbangan untuk membeli apartemen, karena jika harganya diatas kemampuan Anda, besar kemungkinan Anda akan terbelit hutang untuk melunasinya. Selain membandingkan harga, Anda juga bisa membandingkan fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing apartemen.

Lahan Parkir yang Dimiliki

Walaupun terkesan sepele, namun ketersediaan lahan parkir bisa membantu Anda untuk memilih jenis apartemen yang sesuai. Apalagi untuk keluarga kecil yang memiliki kendaraan lebih dari satu buah, ketersediaan lahan parkir bisa membantu Anda menghemat biaya parkir di tempat lain. Lahan parkir yang sempit tentunya akan menyulitkan penghuninya.

Selain lahan parkir, sebaiknya Anda juga memilih apartemen yang memiliki CCTV dan kamera keamanan yang mumpuni. Dengan begitu, Anda tidak akan khawatir dengan sistem keamanan, baik di lahan parkir, koridor bangunan, maupun tempat lain yang rawan terhadap pencurian.

Selain beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga harus mempertimbangkan apartemen sebagai sebuah investasi. Misalkan Anda hendak menjual apartemen tersebut di kemudian hari, pertimbangkan apa aspek yang menonjol dari apartemen tersebut, sehingga membuat orang lain tertarik untuk tinggal di tempat itu.

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek, membeli apartemen di Jakarta bisa dilakukan dengan lebih mudah. Sebagai pengguna, Anda tidak merasa menyesal karena telah membeli apartemen tersebut karena sesuai dengan ekspetasi dan keinginan Anda. Setiap tahunnya, permintaan akan bangunan vertikal ini semakin tinggi, karena itu sebagai pembeli yang bijak, Anda bisa memanfaatkanya sebagai peluang investasi untuk masa yang akan datang.