Tips Membuat Diagram Alur

by -11 views
Tips Membuat Diagram Alur

Apabila Anda menginginkan untuk membuat diagram alur, maka Anda perlu tahu beberapa hal terlebih dahulu sebelum membuatnya. Karena memang bukan hal mudah lho untuk membuat diagram alur, meski demikian bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan memang dalam membuat diagram alur tersebut, karena itu Anda tidak bisa sembarangan.

Bila Anda ingin mencari lebih banyak tips dan informasi mengenai diagram alur bisa Anda temukan di sini.

Pada dasarnya, tujuan dari pembuatan diagram alur sendiri adalah untuk memberikan informasi atau menyamakan persepsi juga. Oleh karena itu kita harus buat dengan benar agar supaya tujuan tersebut bisa tercapai. Dan berikut ini kami akan coba jelaskan juga mengenai beberapa tips yang mungkin Anda perlukan untuk membuat diagram alur tersebut dengan maksimal dan mudah.

Langkah Umum Membuat Diagram Alur

Sebelum kita masuk ke dalam tips yang harus diperhatikan dalam membuat diagram, mari kita simak dulu langkah umum dalam pembuatannya. Karena ada beberapa langkah umum yang harus diikuti yang sebenarnya memang menjadi proses dari pembuatan diagram alur itu sendiri. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih langkah ataupun step dalam pembuatan diagram alur.

  1. Langkah yang pertama adalah Anda kumpulkan dulu langkah demi langkah dari suatu prosedur yang akan dibuatkan diagram alur tersebut. Nah Anda bisa itu mulai dari mengumpulkan saja dulu langkah demi langkah yang utama dari prosedur yang akan dibuatkan. Anda harus tuliskan semua proses dan juga langkah tersebut dari awal mula sampai dengan selesainya prosedur tersebut.
  2. Langkah yang kedua adalah Anda urutkan semua langkah yang sudah Anda tuliskan tersebut yang ada pada satu prosedur. Pengurutan ini bisa digunakan pada nomor di catatan tersendiri, atau bisa juga Anda langsung buatkan pada lembar kerja pembuatan flowchart. Nanti setelah sudah urut Anda berikan tanda panah untuk setiap proses dari yang pertama sampai selesai.
  3. Langkah yang ketiga adalah Anda jabarkan kembali setiap proses, mulai dari kemungkinan adanya proses yang lainnya. Karena sangat mungkin satu proses dari sekian banyak proses akan bercabang menjadi lebih dari satu proses berikutnya. Nah Anda tambahkan saja dan kemudian berikan tanda panah pada proses tambahan tersebut sesuai dengan kebutuhannya.
  4. Langkah yang keempat adalah pemeriksaan dokumen, Anda harus tuliskan juga dokumen yang dibutuhkan pada setiap proses yang berjalan. Nah nanti setiap dokumen ini akan ditempatkan pada proses yang membutuhkannya, dengan menggunakan bentuk dokumen. Aliran dokumen ini pun harus dipikirkan sampai tempat terakhir dokumen tersebut.
  5. Langkah yang terakhir adalah melakukan pengujian, untuk memastikan kalau semua proses sudah masuk dan tidak ada yang terlewat. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk melihat apakah dokumen sudah benar tempatnya dan berakhir di mana. Ini juga bisa menjadi langkah untuk menyempurnakan proses atau diagram alur tersebut.

Tips Membuat Diagram Alur

Pembuatan diagram alur memang tidak bisa sembarangan, ada beberapa poin yang harus diperhatikan pada saat Anda membuatnya. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa tips yang harus dipikirkan saat Anda membuat diagram alur tersebut.

  1. Tips yang paling pertama itu adalah Anda harus memastikan setiap proses sudah ditempatkan sesuai dengan urutannya
  2. Tips yang kedua adalah Anda harus tahu juga bentuk dari setiap hal pada diagram, apakah itu untuk proses, dokumen, dan tindakan yang lainnya.
  3. Tips yang ketiga adalah sesuaikan dengan tujuannya, bila untuk memberi informasi pada banyak orang buatlah tetap simpel dan mudah dipahami. Apabila memang untuk intern dalam pembuatan keputusan atau perencanaan, maka buatlah sedetail mungkin.
  4. Sehingga bila terjadi sesuatu hal akan bisa tetap mempergunakan diagram alur tersebut sebagai sebuah kerangka berpikir.
  5. Tips yang keempat adalah melakukan pengecekan secara detail, sehingga tidak ada satu proses atau dokumen yang terlewat.

Demikianlah informasi mengenai tips dalam membuat diagram alur yang baik dan juga benar, supaya Anda bisa membuat yang berkualitas.

No More Posts Available.

No more pages to load.