Tips Agar Bisnis Terhindar Dari Hutang

Tips Agar Bisnis Terhindar Dari Hutang

Hutang atau piutang  adalah bagian penting dalam urusan bisnis kecil. Pinjaman bisnis, jalur kredit, dan kartu kredit bisnis dapat membantu perusahaan Anda merekrut karyawan baru, membeli peralatan, dan pertumbuhan keuangan.

Tetapi terlalu banyak hutang dapat menghambat arus kas dan membahayakan bisnis Anda. Lalu bagaimana Anda bisa menghindari hutang pada bisnis Anda? Di bawah ini ada beberapa tips agar bisnis Anda terhindar dari hutang yang banyak dan berpotensi merugikan bisnis Anda, apa sajakah itu?

Tips Terhindar dari Hutang

  1. Catatlah Hutang Anda

Urutkan semua hutang Anda berdasarkan suku bunga dan pembayaran bulanan, termasuk pembayaran pinjaman bisnis, jalur kredit dan kartu kredit bisnis serta pembayaran terutang kepada vendor. Catat semua piutang ke dalam pencatatan keuangan.

Proses ini dapat membantu Anda memprioritaskan piutang mana yang akan ditangani terlebih dahulu. Beberapa ahli akuntansi merekomendasikan untuk memulai dengan hutang dengan tingkat bunga tertinggi.

Pemilik usaha kecil baru harus mempunyai tujuan agar semua utangnya dilunasi dalam 12 bulan pertama perusahaan mereka untuk menurunkan risiko kebangkrutan.

  1. Tingkatkan Penjualan Bisnis

Setelah Anda memiliki rencana pengelolaan hutang, Anda dapat memikirkan cara untuk meningkatkan penjualan Anda. Berikut beberapa ide yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan Anda:

  • Hargai pelanggan setia.

Program loyalitas dapat meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan: Sekitar 82% orang mengatakan bahwa mereka lebih cenderung berbelanja di toko yang menawarkan program yang menawarkan kesetiaan pelanggan menurut studi tahun 2014 oleh Technology Advice, sebuah perusahaan layanan teknologi.

  • Aktiflah di media sosial

Sangat disarankan bagi Anda untuk terlibat dengan pelanggan di media sosial. Tanggapi komentar dengan cepat, minta masukan, dan perhatikan ulasan perusahaan Anda. 84% orang mempercayai ulasan online seperti halnya rekomendasi pribadi.

  • Pertimbangkan untuk menaikkan harga.

Dengan strategi yang tepat Anda bisa menaikkan harga barang namun menawarkan diskon untuk pesanan dalam jumlah besar. Anda dapat melakukannya tanpa kehilangan pelanggan. Diskon dapat membantu bisnis Anda tetap kompetitif.

  1. Memangkas Biaya Operasional

Idealnya, meningkatkan penjualan menghasilkan pendapatan yang cukup untuk mengatasi utang Anda. Tetapi jika pengeluaran Anda terlalu tinggi, berikut tiga cara untuk memangkasnya:

  • Jual peralatan, perlengkapan kantor, dan barang lain yang tidak sering Anda gunakan. Beli peralatan bekas atau sewa jika perlu.
  • Perkecil ukuran kantor dengan biaya sewa dan utilitas yang lebih rendah, pertimbangkan ruang kerja bersama yang tidak memerlukan sewa jangka panjang.
  • Bagi biaya dengan perusahaan lain. Cari orang lain yang menjalankan bisnis serupa dan pertimbangkan untuk berbagi sumber daya. Berbagi karyawan, layanan internet dan sebagainya.

Dengan 3 tips di atas, maka Anda bisa saja terhindari dari hutang yang mengerikan dan berpotensi merugikan bisnis Anda. Gunakan aplikasi pencatatan keuangan agar sirkulasi keuangan Anda tetap stabil dan aman. Salah satu aplikasi keuangan yang sangat bagus untuk digunakan adalah “BukuKas”. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tentu saja gratis diunduh!