Sumber Referensi Belajar Lain Selain Buku yang Wajib Anda Coba

Sumber Referensi Belajar Lain Selain Buku yang Wajib Anda Coba

Masih membahas tentang belajar, kira-kira sumber referensi apa yang sering anda gunakan untuk belajar? Apakah buku atau sumber lain? Pada umumnya banyak siswa yang berpacu pada buku paket sebagai sumber referensi utama untuk belajar.

Namun banyak pula siswa yang merasa bingung dan tidak paham dengan materi yang disampaikan. Salah satu faktornya adalah bahasa yang terlalu baku dan teoritis.

Namun tahukah anda, banyak sekali sumber referensi atau bahan belajar yang jauh lebih lengkap dan mudah dipahami dibandingan buku? penasaran apa saja? Simak jawabannya berikut ini ya!

Referensi Belajar Selain Buku yang Efektif

Lembar Kerja Siswa

Siapa yang tak tahu dengan Lembar Kerja Siswa (LKS)? LKS ini merupakan rangkuman dari materi buku paket yang dikemas dalam bahasan yang ringan dan mudah dipahami.

Tak hanya mudah dipahami, LKS ini juga dibuat dengan tujuan sebagai latihan untuk mengerjakan soal yang telah diajarkan sebelumnya.

Tak hanya untuk masing-masing bab, LKS ini juga berisikan contoh soal ujian semester atau ujian kenaikan kelas dari tahun sebelumnya.  Jadi, sangat lengkap sekali bukan?!

Artikel Internet

Siapa yang tak mengenal internet di tahun 2020 ini? dengan internet inilah semua orang dapat berselancar secara bebas di dunia maya dan media sosial.

Namun sebagai murid, tentunya anda hrus bijak dalam menggunakan internet ini. tak hanya untuk hiburan, tentunya anda juga harus mengambil manfaat positif dari internet, salah satunya adalah dengan mencari referensi untuk bahan belajar.

Salah satu laman yang dapat anda kunjungi di internet adalah edmodo.id. di sana anda akan menemukan berbagai artikel dan rangkuman tentang pelajaran sekolah baik yang bersifat sosial maupun ilmiah.

Karya Ilmiah

Ingin sumber ilmu yang lebih aplikatif dan teoritis? Jawabannya adalah karya ilmiah. Karya ilmiah ini biasanya dibuat oleh para ahli atau mahasiswa yang sedang menyelesaikan masa didiknya.

Karya ilmiah ini memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi karena didasarkan pada fakta dan penelitian yang dilakukan sebelumnya.

Nah, demikianlah beberapa sumber referensi bahan belajar selain buku yang dapat anda coba. Anda dapat memilih salah satu atau semuanya, tergantung kebutuhan dan kemampuan anda.

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih!