Sering Disepelekan, Sariawan pada Anak Bisa Berbahaya Loh

by -374 views
Sering Disepelekan, Sariawan pada Anak Bisa Berbahaya Loh

Sariawan merupakan sebuah gangguan kulit pada mulut yang menyebabkan peradangan, sehingga penderitanya akan merasa perih dan panas. Peradangan ini biasanya terjadi di mulut, rongga mulut, gusi, hingga lidah, dan langit-langit mulut. Namun, penderitanya bisa jadi anak-anak.

Hal ini bisa membahayakan dan jangan disepelekan jika anak-anak tersebut mulai merasakan sariawan. Banyak anak-anak yang pada akhirnya susah makan, sulit berbicara, hingga sering menangis karena sedang merasakan sariawan. Berikut beberapa langkah pertolongannya.

Pertolongan Pertama Sariawan pada Anak-Anak Supaya Tidak Membahayakan

1. Banyak Minum

Anak yang mengalami sariawan kemungkinan sedang dehidrasi, sehingga Anda perlu memperbaiki sistem hidrasinya. Hal ini mungkin akan sulit karena anak-anak akan kesulitan makan dan minum namun Anda harus tetap berusaha.

Caranya dengan memberikan vitamin c berupa minuman, atau Anda bisa memberikan air mineral seidea mungkin. Pastikan juga anak-anak Anda tetap ternutrisi dengan baik, untuk menghindari dehidrasi dan penyakit lainnya.

2. Berikan Obat Pereda Nyeri

Banyak sariawan yang sering membuat perih dan panas pada anak-anak, sehingga mereka sering menangis atau uring-uringan tidak jelas. Jika Anda merasa kasihan dengan anak-anak karena tangisannya, Anda boleh memberikan obat pereda nyeri.

Obat ini akan membuat rasa perih akibat sariawan berkurang, sehingga anak-anak bisa lebih ceria lagi. Namun, Anda tidak boleh asal dalam memberikan obat tersebut. Pastikan untuk memberikannya dengan dosis yang sesuai beserta resep dari dokter.

3. Menjaga Kebersihan Mulut

Sariawan juga sering muncul akibat anak-anak tidak menjaga kesehatannya dengan baik. Pastikan mereka untuk menjaga kesehatannya, karena hal ini penting dilakukan supaya tidak terjadi sariawan, atau pun peradangan lainnya.

Caranya dengan menyikat gigi secara rutin, dengan mengkonsumsi vitamin c, dan berikan obat kumur-kumur dan ajarkan dengan baik supaya tidak tertelan. Anda juga bisa memberikan vitamin lainnya untuk menjaga imunitas tubuh mereka

4. Memberikan Bentuk Makanan yang Tepat

Biasanya, anak-anak yang sedang sariawan merasa kesulitan dalam mengunyah makanan, hal ini karena rongga mulutnya radang dan terluka, sehingga mereka akan merasa perih dan kesakitan. Biasanya, mereka tidak bisa makan makanan yang digoreng.

Pastikan untuk menyiapkan makanan yang bertekstur lebih cair dan lembut, sehingga bisa memudahkan mereka mengunyah makanan. Anda juga harus memberikan nutrisi yang tepat dalam tekstur makanan tersebut, supaya sariawannya segera pulih.

5. Memberikan Obat-Obatan Alami

Anda juga bisa memberikan obat-obatan alami untuk anak yang sedang mengalami sariawan. Hal ini bisa menjadi salah satu penolongan pertama, supaya Anda tidak salah langkah, karena biasanya obat herbal atau alami tidak memiliki efek samping.

Pastikan untuk memberikannya obat alami yang mengandung vitamin c, dan dapat meningkatkan imunitas pada tubuhnya. Jangan paksakan anak sampai menangis ketika memakan obat, namun berikan secara perlahan dan berkala.

6. Berikan Obat Sariawan Anak

Biasanya, anak-anak akan sering menangis ketika mereka merasakan sakitnya sariawan, dengan begitu Anda harus memberikan obat sariawan anak yang tepat untuk meredakan rasa perih beserta sakitnya.

Pastikan untuk memberikannya secara rutin dan berkala, dengan memberikan obat sariawan yang tepat. Anda juga harus menjaga nutrisinya dengan baik, supaya tidak terjadi sariawan lagi pada rongga mulutnya, karena hal tersebut bisa sangat menyiksa mereka.

Obat sariawan dan penanganannya memang beragam, namun Aloclair merupakan obat sariawan untuk anak yang bisa digunakan secara berkala. Hal ini karena kandungan yang baik di dalamnya bisa meredakan sariawan pada anak dengan cepat, dan dapat menjadi obat pertolongan pertama.