Rumus Excel Mengambil Karakter Tertentu, Fungsi LEFT, RIGHT, dan MID

Rumus Excel Mengambil Karakter Tertentu, Fungsi LEFT, RIGHT, dan MID (freepik.com)

Rumus Excel mengambil karakter tertentu sangat dibutuhkan dalam mengolah data pada MS Excel. Sebab terkadang kita mungkin sering kesulitan ketika perlu mengambil beberapa huruf, kata atau bahkan angka pada tabel. Baik untuk pengambilan dari kanan, dari kiri, atau bahkan mengambil sebagian kata dan angka pada tabel.

Rumus Excel Mengambil Karakter Tertentu pada Cell

Microsoft Excel menyediakan rumus-rumus yang dapat membantu dan mempermudah anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Seperti menggunakannya untuk mengambil sebuah karakter atau beberapa karakter tertentu pada teks atau tabel sel.

Cara untuk mengambil sebagian kata maupun sejumlah karakter tertentu dari sebuah teks pada Excel, telah tersedia beberapa fungsi khusus yang dapat anda gunakan. Dengan menggunakan rumus LEFT, RIGHT, serta MID yang paling kerap dimanfaatkan untuk manipulasi data string (teks).

Ketiga rumus tersebut termasuk dalam kategori sebagai fungsi teks atau text function pada Microsoft Excel. Untuk ulasan lebih jelasnya, silahkan simak cara menggunakan dan contohnya yang lebih lengkap berikut ini.

Rumus LEFT Excel

Rumus Excel mengambil karakter tertentu sisi kiri berdasarkan dari karakter tertentu yang telah anda tentukan adalah fungsi LEFT. Sehingga bisa diartikan bahwa fungsi LEFT berguna untuk mengambil bagian kiri dari teks sebanyak karakter tertentu dimulai dari arah kiri lalu ke kanan.

Sistematika fungsi LEFT ini adalah sebagai =LEFT(text,[num_chars]). Pada kategori text merupakan tempat untuk mengekstrak karakter. Kemudian num_chars adalah jumlah karakter untuk diekstraksi yang dimulai dari sisi kiri. Contohnya anda akan mengambil 3 huruf dari kiri menggunakan kata jeruk maka akan menjadi =LEFT(“jeruk”,3) dan menghasilkan “jer”.

Rumus RIGHT Excel

Fungsi atau rumus RIGHT ini merupakan fungsi yang dimanfaatkan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu dari sebelah kanan deretan teks yang tersedia. Pengambilan karakter pada teks ini sejumlah dengan karakter yang telah ditentukan. Sehingga bisa disimpulkan bila fungsi RIGHT mengambil beberapa karakter berupa angka atau huruf dari arah kanan ke kiri atau mengambil data bagian kanan sebanyak yang dibutuhkan.

Cara menggunakan rumus Excel mengambil karakter tertentu dari fungsi RIGHT dengan syntax =RIGHT(text,[num_chars]). Untuk tulisan text ini merupakan teks yang anda ingin ambil karakternya dimulai dari sebelah kanan. Sementara num_chars adalah jumlah karakter yang akan anda ambil mulai dari kanan, dengan pilihan default=1. Misalnya, =RIGHT(“jeruk”,3) maka akan menghasilkan kata “ruk”.

Rumus MID Excel

Fungsi MID Excel merupakan fungsi untuk mengekstrak sejumlah karakter dari tengah rangkaian teks yang tersedia. Pada fungsi Excel ini dapat kita gunakan untuk mengambil sebagian kata dari dalam teks dari kiri ke kanan layaknya fungsi LEFT. Namun awal dalam pengambilan karakter tersebut dapat anda tentukan sendiri.

Untuk penggunaan rumus Excel ini dapat dilakukan dengan cara =MID(text, start_num, num_chars). Pada text berisi teks yang akan diekstrak, kemudian start_num merupakan lokasi karakter pertama dan num_chars adalah jumlah karakter untuk diekstrak. Contohnya pada sebuah data adalah sebagai berikut, yaitu dengan =MID(“jeruk”,2,3) maka nantinya akan memunculkan kata “eru”.

Penting untuk anda ketahui bahwa penggunaan koma (,) atau semicolon (;) pada rumus harus disesuaikan dengan versi MS Excel serta konfigurasi bahasa setiap komputer. Sehingga anda tidak perlu panik bila muncul kotak dialog peringatan, kalian tinggal menggantinya dengan koma atau semicolon.

Demikian rumus Excel mengambil karakter tertentu dengan menggunakan fungsi LEFT, RIGHT, dan MID. Caranya cukup mudah bukan? Kini anda tidak perlu kesulitan lagi bila harus mengambil beberapa karakter pada tabel data.