Peta Riau : Bumi Lancang Kuning nan Indah

Peta Riau

Riau, merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di sepanjang pesisir Selat Malaka, tepatnya di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera. Terdiri atas dua kota besar, yaitu Dumai dan Pekanbaru yang menjadi ibu kotanya, pulau yang memiliki sebutan  Bumi Lancang Kuning ini, juga memiliki banyak keunikan. Namun sebelum Anda berkunjung ke pulau ini, mari perhatikan dengan seksama peta Riau di bawah ini.

 

Orang kerap salah mengira bahwa Riau dan Kepulauan Riau adalah tempat yang sama, padahal sebenarnya berbeda. Mungkin ini disebabkan, karena dulunya Kepulauan Riau memang tergabung dengan Provinsi Riau. Namun sejak terjadi proses pemekaran di tahun 2002, Kepulauan Riau berdiri sendiri dan menjadikan Batam sebagai ibu kotanya.

 

Ada banyak kisah tentang Riau, salah satunya adalah asal usul namanya. Di mana Riau berasal dari kata Riuh atau Rioh (bahasa Melayu) yang artinya hiruk pikuk, ramai. Bahkan sebelum menggunakan nama Riau, Provinsi ini bernama Sungai Carang yang dipimpin oleh seorang Sultan.

 

Menilik peta Riau, Anda bisa lihat bahwa Pekanbaru dikelilingi oleh kota-kota kabupaten seperti, Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan yang memiliki banyak kawasan wisata menarik. Bahkan provinsi yang memiliki luas daratan sebesar 89.150,15 km ini, juga dikelilingi setidaknya 15 belas buah sungai besar. Diantaranya yang terkenal adalah sungai Indragiri, sungai Siak, sungai Kampar juga sungai Rokan.

 

Untuk menghubungkan kota satu dan kota lainnya, dibuat pula berbagai jembatan penghubung, yang akhirnya menjadi ikon di provinsi ini. Berikut ini adalah nama-nama jembatan indah yang ada Riau, jembatan Tengku Agung Sultanah latifah, Jembatan Sultan Abdul Djalil Rachmad Syah, Jembatan Maredan, Jembatan Pedamaran, Jembatan Siak III dan yang terbaru adalah Jembatan Siak IV.

 

Sementara itu bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini, sebaiknya membawa serta peta Riau sebagai panduan. Di mana berbagai kawasan wisata menarik juga ditawarkan di hampir semua kota besar dan kabupatennya. Untuk wisata pantai sendiri, setidaknya ada 21 kawasan yang bisa Anda temui.

 

Wisata sejarah yang ditawarkan oleh provinsi ini juga cukup banyak, Anda bisa mengunjungi istana-istana yang tersebar di kota Siak, Rokan Hulu, Kampar juga Pelalawan. Kemudian mengunjungi Candi Muara Takus di Kampar, atau memilih berkunjung ke berbagai kawasan wisata air terjun.

 

Pada peta Riau, Anda juga bisa melihat tujuan wisata lainnya seperti, mengunjungi desa suku yang tertua di Indonesia, yaitu Suku Talang Mamak yang berada di kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang dilindungi dan berada di Kabupaten Indragiri Hulu. Sementara desa wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi ada di Kuantan Singigi, yaitu desa wisata Sentajo.

 

Dan berikut ini adalah nama-nama makanan dan oleh-oleh yang bisa Anda beli bila berkunjung ke Riau. Diantaranya adalah, roti jala, sup ikan patin, nasi lemak, mie sagu, sop tunjang dan membeli salai ikan patin, lempuk durian, kue bangkit, keripik nenas, kue talam nenas, kacang pukul, culut keju, lopek bugi, dodol kedondong, peyek salai selais, dan yang tentunya paling terkenal adalah Bolu Kemojo.

 

Itulah sedikit cerita tentang Riau disertai gambar peta Riau. Provinsi ini sebenarnya salah satu provinsi terkaya yang besar dari sumber alamnya, seperti perkebunan karet, serat, kelapa sawit, minyak bumi juga gas alam. Sayangnya, kejadian penebangan hutan yang terus meluas dan menjadi penyebab munculnya polusi udara karena kebakaran, menjadi catatan sejarah yang juga tidak bisa dilupakan.