Peran Penting Logistik dalam Perkembangan E-commerce di Indonesia

jasa logistik

Peran Penting Logistik dalam Perkembangan E-commerce di Indonesia – Dilihat dari beberapa tahun terakhir ini, bisnis e-commerce mengalami kemajuan yang cukup pesat. Bisnis e-commerce seakan sudah menjadi trend berbisnis. Peluangnya banyak diambil masyarakat mulai dari berbagai kalangan, khususnya di Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan dalam bisnis e-commerce adalah melakukan sourcing dan delivery. Sourcing bertujuan untuk mengumpulkan barang dari merchant atau supplier, khusus untuk diperdagangkan secara online. Sedangkan delivery, merupakan kegiatan memastikan pengiriman barang yang dipesan pelanggan terkirim tepat waktu. Nah, kegiatan delivery inilah yang sangat membutuhkan jasa logistik.

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia diperkirakan menanjak dari tahun 2014 hingga 2021 ke depan. Perkiraan pertumbuhannya sekitar 7,9% selama kurun waktu 5 tahun tersebut. Prediksi menarik ini tercantum dalam laporan Ken Research yang berjudul  “Logistik dan Pergudangan Indonesia Menurut Sektor (freight forwarding, warehousing, VAS) oleh Domestic and International Services – Outlook 2021”

Kemajuan ini terjadi tentu dipengaruhi oleh nilai transaksi e-commerce atau toko online yang kini diprediksi akan mencapai lebih 230% di tahun 2021 sekitar US$ 4,48 triliun.

Wajar saja, dengan tingkat kemajuan bisnis e-commerce yang demikian sektor logistik mendapatkan tumpuan baru yang sebelumnya  bertumpu pada industri manufaktur. Kerjasama antara dua sektor ini sangat terlihat diimbangi dengan laporan riset yang dirilis Savills Plc pada Desember 2017, memuat catatan yang mana kebutuhan ruang gudang logistik diprediksi akan semakin meningkat  di tahun 2021 sekitar 240.000 m2 luas ruang, sejalan dengan perluasan bisnis tersebut.

Hasil analisis ini memperlihatkan bagaimana pentingnya peran jasa logistik untuk bisnis e-commerce di Indonesia. Kelincahannya dalam menyediakan jasa pergudangan, distribusi, dilevery bahkan juga foto produk membuat bisnis e-commerce berkembang sangat pesat di Indonesia. Kabar baik ini tentu juga didukung oleh kebutuhan masyarakat yang tidak terbatas di setiap harinya.

Strategi dilevery logistik e-commerce harus meliputi strategi kolaborasi antarpengusaha. Supaya pelayanan pedagang terhadap masyarakat sebagai customer menjadi lebih baik. Peningkatan perkembangan e-commerce ini tentu tidak boleh disia-siakan pengusaha jasa pengiriman barang. Sebab, peluang besar ini sangat membantu dalam keberlangsungan bisnis e-commerce begitupun sebaliknya.

Bisnis e-commerce akan semakin berkembang bila didukung oleh perusahaan jasa logistik. Kebutuhan akan penyimpanan produk yang dijual oleh pegiat e-commerce butuh sekali jasa pergudangan. Tidak hanya untuk penyimpanan barang, jasa distribusi dan pengiriman barang juga sangat dibutuhkan.

Akan tetapi masalah yang sering menghambat kelancaran jalannya bisnis e-commerce ini adalah pelanggan sering kali dirugikan oleh berbagai masalah saat proses pengiriman barang dari e-commerce. Masalah seperti keterlambatan pengiriman, barang mengalami kerusakan, bahkan terjadi kesalahan pengiriman produk yang tidak sesuai dengan yang dipesan.

Mengingat masalah ini, memilih jasa logistik yang tepat tentu harus dipikirkan secara serius oleh pengusaha e-commerce. Pilihlah yang benar-benar memberikan layanan logistik terbaik misalnya seperti jasa yang dikeluarkan oleh PT. SERA. Perusahaan logistik ini menjamin pelayanan dengan kualitas terbaik. Anda bisa lihat minat masyarakat terhadap layanan logistik dari perusahan tersebut.

Pilihan masyarakat terhadap jasa dari SERA karena perusahaan ini sudah lama dipercaya orang Indonesia mengenai kualitas pelayanannya, mulai dari jasa pergudangan yang tersistem, distribusi, dan layanan logistik lainnya dikenal mampu memberikan kepuasan para pelanggannya.

SERA memiliki business unit SELOG yang bisa melayani courier service  untuk b2b. Sehingga pengantaran barang yang ditawarkan oleh e-commerce, bisa sampai pada pelanggan dengan dengan cepat, hemat dan pastinya juga aman. Keterjaminan tersebut SELOG menggunakan jasa logistik  pengiriman melalui cargo.