Memilih Software Restoran yang Tepat

Software Restoran
Software Restoran

Saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat. Bisnis yang ingin berkembang harus memasukkan teknologi kedalamnya agar tidak ketinggalan jaman. Salah satu bisnis yang harus mengikuti pesatnya teknologi adalah bisnis restoran. Jika dulu bisnis restoran menggunakan semuanya serba manual tetapi sekarang sangat akan lebih baik jika memakai software restoran.

 

Software untuk restoran ini akan membuat manajemen bisnis menjadi lebih praktis. Semua hal yang berkaitan dengan angka dan hitungan dapat dilakukan lebih cepat dan praktis. Berbeda jika memakai cara manual yang mungkin akan lebih lama dan rentan kesalahan. Umumnya software yang dipakai untuk bisnis restoran adalah Point of Sale.

 

Fitur dari software restoran yang disingkat POS ini sangat lengkap. Dari pemantauan stok, mencatat transaksi sampai mencatat laporan penjualan dapat diperoleh dari satu software ini. Sistem yang dipakai terintegrasi antara komputer dengan peralatan kasir sehingga menjadi praktis tanpa memasukkan data penjualan dua kali. Selain itu menggunakan software ini dapat diketahui data yang berkaitan dengan karyawan dan pelanggan.

 

Jika memakai software di bisnis restoran maka semua laporan akan dapat dilakukan per jam. Melalui software ini juga akan diketahui data item makanan dan minuman yang paling laris. Memang software ini akan sangat membantu untuk pengusaha yang berbisnis restoran. Tetapi sebaiknya sebelum membeli software memahami kriteria yang terbaik terutama untuk bisnisnya. Berikut kriteria software bisnis restoran yang harus diperhatikan.

 

Perangkat Keras yang Dibutuhkan

Perangkat keras mutlak dibutuhkan agar dapat menjalankan software restoran. Umumnya perangkat keras yang paling utama dibutuhkan adalah komputer All in One PC. Komputer ini menggunakan monitor layar sentuh dalam menjalankan fungsinya dan biasanya diletakkan si loket layanan. Perangkat keras lainnya yaitu mesin kasir, printer struk dan printer dapur jika dibutuhkan.

Saat memilih perangkat keras sebaiknya yang kompatibel dengan software agar dapat menjalankan fiturnya. Tetapi jika ingin lebih aman dapat membeli software sekaligus perangkat kerasnya.

 

Fitur di Dalam Software

Ketika memilih software maka juga harus memilih fitur yang tepat sesuai kebutuhan di bisnis restorannya. Ada banyak software dengan penawaran fitur yang bermacam-macam dan berbeda-beda. Oleh karena itu saat membeli software maka harus memahami fitur yang ada dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Jika ingin lebih aman maka pengusaha restoran dapat memilih software dengan fitur yang lengkap. Software restoran yang lengkap tersebut dapat lebih fleksibel. Sehingga tidak perlu memilih-milih fitur yang terdapat di dalam software karena semuanya sudah tersedia.

 

Laporan Keuangan

Laporan keuangan dapat diperoleh dengan sangat rinci jika memakai software untuk bisnis restoran ini. Semua yang berkaitan dengan keuangan terhitung dengan sangat detail di software ini. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, arus kas, neraca keuangan, laporan tentan laba rugi hingga faktur pajak dapat diperoleh dari sofware tersebut.

 

Kemudahan Pemakaian

Sistem yang dipakai di dalam software restoran sebaiknya harus mudah saat dipakai dan tidak rumit. Intinya adalah pada saat memakai software tidak perlu harus belajar secara intensif dalam pengaplikasiannya. Kemudahan pemakaian software ini akan dapat berpengaruh pada kecepatan pelayanan.

 

Dukungan Teknis

Saat membeli software sebaiknya dipastikan tentang dukungan teknis yang diberikan. Mungkin saja software yang dibeli rusak atau bermasalah. Jika masalah tersebut terjadi maka membutuhkan dukungan teknis dari penyedia software.

 

Harga

Harga sebuah software yang dibeli tentu saja menjadi pertimbangan bagi pengusaha. Sudah pasti saat membeli software disesuaikan dengan budget dan kebutuhannya. Umumnya tersedia beberapa pilihan dalam bentuk paket yang dapat dipilih.

Software restoran akan sangat membantu pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Semua laporan dapat dibuat menjadi lebih mudah dan praktis melalui software. Sebelum membeli software maka harus dapat memperhatikan beberapa kriterianya agar dapat memperoleh yang terbaik untuk bisnisnya.