Kenali Penyebab Mobil Matic Nyentak Berikut Ini

by -24 views
Kenali Penyebab Mobil Matic Nyentak Berikut Ini

Penyebab mobil matic nyentak atau mengalami gejala hentakan mungkin masih menjadi masalah sepele dan tidak begitu dipedulikan oleh pemiliknya. Pemiliknya menganggap hal tersebut merupakan hal yang wajar sehingga tidak membutuhkan perawatan atau perbaikan. Padahal, hal tersebut merupakan pemikiran yang salah besar, sehingga gejala ini tetap perlu ditelusuri penyebab dan mendapatkan perawatan.

Memang tidak semua penyebabnya disebabkan oleh adanya kerusakan pada komponen penting dalam mobil. Tapi, jika hal tersebut terjadi pemiliknya tentu perlu mengeluarkan sebagian uangnya untuk melakukan perbaikan. Maka dari itu, ada baiknya untuk segera melihat kondisi mobil sebelum hal buruk terjadi. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadi hentakan pada mobil:

1. Rusaknya AT Solenoid

Seperti diketahui bahwa AT Solenoid menjadi bagian yang sangat penting pada mobil matic. Ini dikarenakan fungsinya untuk mengganti atau memindahkan gigi transmisi pada mobilnya. Pada bahasa otomotifnya, komponen ini memiliki fungsi untuk mengaktifkan clutch dan brake di transmisi.

Apabila komponennya mengalami kerusakan, oli tidak akan bisa mengalir ke bagian-bagian lainnya. Dengan begitu, mobil akan terasa nyentak sehingga membuatnya tidak enak untuk digunakan. Jika komponennya hanya kotor, pemilik bisa membersihkannya dengan cara di lap.

2. Kotornya Oli Transmisi

Penyebab mobil matic nyentak lainnya adalah kotornya oli transmisi. Sebuah kendaraan tentu membutuhkan oli baru setiap tiga bulannya agar komponennya awet dan tidak mudah rusak. Seperti yang diketahui, jika pemilik kendaraan membiarkan oli transmisinya kotor, performa kendaraannya akan turun.

Ketika hal ini terjadi, pengguna kendaraannya akan merasakan perpindahan gigi yang berat, kasar, dan menyentak. Jika hal ini dibiarkan tentu akan mengakibatkan kerusakan lain pada komponennya. Maka dari itu, pemiliknya harus segera mengganti oli agar kendaraannya tetap awet.

3. Kesalahan Penyetelan Kabel Accelerator

Mungkin penyebab yang satu ini cukup sering dirasakan oleh para pemilik mobil. Terutama pada mobil-mobil lawas yang dimodif ulang, ketika penyetelan kabel sering terjadi kesalahan. Karena kabel accelerator kickdown dekat dengan gas, sehingga sering tertukar.

Maka dari itu, sebagai pemiliknya harus sering-sering kunjungi situs mobiku yang menyediakan informasi khusus mobil untuk mendapatkan berbagai info tentang mobil. Di sana terdapat banyak tips dan trik, solusi, dan berita terbaru dunia otomotif. Untuk permasalahan ini, solusi paling tepat adalah mengecek kembali setelan-setelan di dalamnya.

4. Masalah pada Komponen Elektrik

Permasalahan elektrik kendaraan tentu bukan hanya pada starter atau lampunya saja. Hal itu juga berpengaruh pada transmisi yang membuat mobil matik menyentak. Penyebabnya sendiri mungkin dikarenakan TCM pada mobil memanfaatkan sistem kontrol elektriknya.

Sistem elektrik sendiri berhubungan dengan beberapa hal seperti transmisi, sensor, dan aktuator pada kendaraan mobil. Adanya masalah pada sistem tersebut membuat TCM tidak bisa mengatur AT, clutch, dan juga brakenya. Solusi untuk masalah ini adalah membawanya ke bengkel resmi untuk memperbaikinya.

Nyentak merupakan kondisi yang paling banyak ditemui serta dialami oleh para pemilik mobil matik dan cukup mengganggu perjalanan. Sebagai pemilik kendaraan, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraannya sebelum bepergian. Jika terjadi hentakan, pemiliknya juga perlu mengetahui penyebab mobil matic nyentak agar bisa segera diatasi.

No More Posts Available.

No more pages to load.