Jangan Asal, Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar

by -21 views

Membersihkan mobil ternyata tidak cukup hanya pada body dan interior (kabin) mobil saja, akan tetapi juga di bagian dalam. Yakni bagian mesin yang ternyata perlu dibersihkan secara berkala dan seksama. Untuk membersihkannya bisa dilakukan sendiri di rumah atau jika ragu bisa membawa mobil ke bengkel terdekat melalui Otoklix

Maka tidak ada salahnya jika Anda berusaha mencari tahu apa saja cara membersihkan mesin mobil dengan baik dan benar. 

Pentingnya Membersihkan Mesin Mobil 

Tidak sedikit pemilik mobil yang hanya memperhatikan kebersihan eksterior dan interior mobil saja. Mencakup kebersihan body mobil sampai area kabin saja. Padahal bagian mesin pun wajib dijaga kebersihannya dengan dibersihkan secara berkala. Pasalnya mesin mobil ternyata juga mudah sekali kotor. 

Kotoran ini bisa berasal dari endapan debu yang berasal dari lingkungan sekitar lalu menempel di permukaan mesin. Bisa juga dari sisa pembakaran baik BBM maupun sisa dari penggunaan oli di komponen tertentu. Inilah alasan mesin mobil juga mudah kotor dan butuh cara membersihkan mesin mobil  yang tepat. 

Membersihkan mesin mobil tak hanya memastikan permukaannya bersih bebas endapan kotoran. Akan tetapi ada banyak arti penting dari perawatan satu ini, seperti: 

1. Mencegah Adanya Hambatan pada Pelepasan Panas Mesin 

Arti pentin yang pertama menerapkan cara membersihkan mesin mobil  dengan baik dan benar adalah mencegah hambatan pada pelepasan panas mesin mobil. Saat mobil dinyalakan maka perlahan suhu akan meningkat. 

Suhu tinggi ini akan dilepaskan ke lingkungan sekitar, sayangnya jika mesin tertutup debu maka akan terhambat. Mencegahnya, pemilik mobil perlu membersihkan mesin secara berkala. Sehingga pelepasan panas mesin berjalan normal. 

2. Mencegah Aus pada Komponen Mesin 

Malas membersihkan mesin mobil bisa membuat mesin mobil tertutup endapan debu tebal. Hal ini bisa membuat komponen yang tertutup debu mudah berkarat kemudian cepat aus. Maka membersihkan mesin secara berkala mencegah komponen cepat aus sehingga masa pakainya maksimal. 

3. Meringankan Kerja Kipas Radiator 

Endapan debu dan kotoran jenis lain di permukaan mesin mobil bisa menghambat pelepasan panas. Suhu mesin mobil meningkat dan memaksa kipas radiator bekerja keras menstabilkan suhu. Jika rajin menerapkan cara membersihkan mesin mobil  dengan tepat maka bisa meringankan kerja kipas radiator sehingga awet dan tahan lama. 

4. Menjaga Kondisi Konektor Listrik 

Tahukah bahwa dengan malas membersihkan mesin mobil bisa membuatnya mudah mogok? Faktanya memang demikian, karena jika kotor terlalu lama otomatis komponen mesin mobil banyak yang rusak. Hal ini bisa mempengaruhi performa mobil yang menurun dan sering mogok mendadak. Mencegahnya, wajib membersihkan mesin dengan teratur. 

Cara Membersihkan Mesin Mobil 

Memahami arti penting rajin membersihkan mesin mobil tentu meningkatkan kesadaran untuk melakukannya langsung. Hanya saja, dalam membersihkan mesin mobil ternyata tidak biasa asal dicuci karena ada banyak hal perlu diperhatikan. Berikut adalah tata cara membersihkan mesin mobil dengan baik dan benar: 

1. Pilih Lokasi Teduh 

Pertama, pastikan sudah menempatkan mobil di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari. Paling ideal di dalam garasi, opsional lain di bawah pohon yang rindang. Kenapa? Sebab ketika komponen mesin berbahan karet dan plastik terkena air selama dibersihkan lalu langsung terpapar matahari maka mudah rusak. 

2. Pastikan Mesin dalam Kondisi Dingin 

Cara kedua dalam membersihkan mesin mobil adalah memastikan suhu mesin dingin. Idealnya dilakukan di pagi hari setelah mobil diam di garasi semalam suntuk. Alasannya adalah, karena saat suhu mesin masih tinggi maka ada kekhawatiran aliran listrik masih aktif sehingga resiko kesetrum tinggi. Jika mobil baru saja menempuh perjalanan, disarankan menunggu dingin sekitar 30 menit. 

3. Lindungi Komponen Kelistrikan 

Dalam cara membersihkan mesin mobil yang baik dan benar, pemilik mobil perlu memastikan komponen kelistrikan sudah aman. Pasalnya komponen ini rawan rusak jika terkena air apalagi sampai terendam. Contohnya adalah aki mobil, maka perlu dibungkus dengan plastik atau dilepas selama mesin dibersihkan. 

4. Bersihkan Debu dan Kotoran Ringan Memakai Lap 

Komponen mesin yang tertutup debu tipis dan jenis kotoran lain yang terbilang ringan. Maka bisa dibersihkan memakai kain lap bersih. Cukup digosok perlahan sampai endapan debu hilang dan mesin kembali mengkilap. 

5. Bersihkan Juga Bagian Bawah Kap Mesin

Bagian bawah kap mesin sebaiknya juga dibersihkan, bisa di lap saja memakai kain jika kotorannya ringan. Jika ada tumpukan debu atau lumpur tebal maka bisa disemprot memakai alat khusus. Sebaiknya kap mesin ini dibersihkan pertama kali agar kotoran yang jatuh bisa dibersihkan tuntas saat membersihkan bagian di bawahnya. 

6. Gunakan Steamer untuk Bagian Tertentu 

Jika ada bagian yang sulit dijangkau sehingga tidak memungkinkan dibersihkan manual, maka bisa memakai steamer. Setelah selesai, silahkan tunggu sampai mesin kering atau di lap untuk bagian yang mudah dijangkau. 

Dari uraian di atas tentu bisa diketahui bahwa cara membersihkan mesin mobil ternyata tidak susah. Pada dasarnya mudah, selama tahu caranya dan mau belajar. Hanya saja, jika memang tidak sempat karena sibuk bisa mencoba diserahkan ke ahlinya saja. 

No More Posts Available.

No more pages to load.