Istilah Dalam Dunia Kerja yang Penting Diketahui

by -11 views
Istilah Dalam Dunia Kerja yang Penting Diketahui

Istilah dalam dunia kerja cukup banyak yang perlu diketahui khususnya bagi si pelamar, fresh graduate. Mengapa demikian? Tentu dengan mengenal ungkapan-ungkapan tersebut nantinya tidak akan bingung saat sedang membaca sebuah pemberitahuan atau melaksanakan perintah atasan. Tanpa berlama-lama langsung saja simak ulasan ringkas berikut ini:

1. Remote Working

Pandemi yang terjadi saat ini di hampir seluruh penjuru dunia membuat para pencari kerja sedikit kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Beruntungnya masih ada perusahaan atau unit usaha yang menawarkan pekerjaan yang bersifat remote working.

Istilah remote working merujuk pada kerja jarak jauh yang bisa dilakukan dimanapun, tidak harus pada kantor tujuan. Umumnya pekerjaan yang memanfaatkan ungkapan ini cenderung mengarah ke freelance dan start up modern lainnya.

2. Standard Operational Procedure 

Istilah berikut, mengarah ke sebuah acuan yang dipakai oleh setiap unit usaha agar kedisiplinan dan praktik sesuai dengan ketetapan. Standard operational procedure (SOP) juga memiliki fungsi sebagai cara perusahaan untuk dapat mengambil tindakan dari tugas yang sudah selesai dikerjakan.

Standard operational procedure biasanya memiliki desain atau model seperti bagan, narasi, gambar, dan video yang sudah lebih dahulu ditetapkan. Untuk itu, bagi si pelamar sebaiknya setelah diterima pada suatu unit usaha benar-benar memahami SOP yang telah ada.

3. Over Time

Kata-kata overtime mungkin masih terdengar sedikit baru bagi para pelamar kerja, padahal maknanya sama dengan lembur. Bagi kebanyakan pekerja melakukan lembur, alasannya beragam baik itu karena ingin meningkatkan pemasukan atau ada target yang harus segera dicapai.

Unit usaha yang memberlakukan lembur kepada pekerja umumnya memberikan upah per waktunya. Itulah sebabnya cukup banyak orang yang tertarik untuk ikut dalam kegiatan lembur tersebut.

4. Follow Up

Istilah dalam dunia kerja selanjutnya merujuk pada perkembangan informasi terkait tugas yang diberikan dari atasan. Follow up memiliki level tersendiri memulai percakapan via online hingga bentuk komunikasi telepon.

Selain antara atasan dan bawahan, istilah follow up juga sering digunakan pada divisi ke divisi lainnya. Tujuannya agar seluruh tugas bisa segera terselesaikan dengan baik dan benar sesuai ketentuan waktu.

5. ASAP

As soon as possible atau ASAP merupakan sebuah ungkapan yang biasanya digunakan pada percakapan via chat. Kebanyakan ASAP dipakai apabila sedang mendekati waktu deadline dari pengumpulan tugas atau pencarian pekerja.

Bukan hanya itu saja, ASAP juga sering dipakai bagi pekerja yang mengikuti setiap perkembangan dari karyawan di unit usaha yang sama. Adanya istilah ini terkadang bisa membuat chatting jadi lebih singkat dengan tujuan yang pasti.

Nah, itulah beberapa istilah dalam dunia kerja yang cukup penting untuk diketahui arti dari setiap ungkapannya. Pelamar juga perlu tahu tentang contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar dengan tujuan mengurangi risiko kesalahan saat melamar. Oleh karena itu, jangan lupa berkunjung pada link tersebut siapa tau bisa segera bergabung ke unit usaha dambaan.

No More Posts Available.

No more pages to load.