Inilah Ciri dari Penyakit Diabetes yang Perlu Diwaspadai

Ciri dari Penyakit Diabetes

Ciri dari penyakit diabetes ternyata bisa di deteksi sejak awal, tentunya agar penderita bisa segera mendapatkan perawatan agar tidak terajadi komplikasi ke depannya. Akan tetapi, ternyata belum banyak masyarakat yang mengetahui gejala dari penyakit ini, sehingga banyak penderita yang terlambat mengetahui bahwa ia menderita diabetes militus.

Agar bisa mendeteksi penyakit ini sejak dini, berikut merupakan ciri-ciri gejala awal yang terlihat pada penderita diabetes.

Sering Buang Air Kecil

Coba perhatikan apakah belakangan Anda sering ke kamar mandi untuk buang air kecil? Bisa jadi Anda beresiko mengalami gejala diabetes karena hal tersebut. Awalnya mungkin Anda menganggap bahwa hal tersebut dikarenakan Anda mengkonsumsi makanan tertentu, padahal tidak demikian.

Semakin lama, gejala tersebut akan semakin sering terjadi, bahkan hingga menyebabkan Anda sering terbangun tengah malam hanya untuk buang air kecil. Gejala ini sering disebut sebagai poliura, yakni kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi, membuat ginjal tidak bisa menyaringnya.

Mudah Haus

Ciri dari penyakit diabetes selanjutnya adalah mudah merasa haus, atau dalam bahasa medis ia disebut sebagai polidipsia. Berbeda dengan rasa haus biasanya, haus polidipsia biasanya tidak akan hilang walaupun Anda sudah minum banyak air.

Hal ini terjadi karena tubuh memerlukan lebih banyak asupan air, sebagai ganti dari urin yang sering terbuang. Ginjal yang tidak bisa memproses gula di dalam darah akan mengeluarkan zat gula ke dalam air karena proses penyaringan yang tidak maksimal.

Cepat Lapar

Ini merupakan gejala dan ciri dari diabetes, namun sering disepelekan karena dianggap sebagai rasa lapar semata. Rasa lapar yang terus menerus ini karena hormon insulin yang terdapat dalam tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal.

Seperti yang diketahui, hormon insulin memberikan peran yang penting dalam proses pengubahan makanan menjadi glukosa, yang kemudian dijadikan sebagi sumber energi. Jika kerja hormon ini terganggu, asupan energi pun tidak bisa dipenuhi dengan baik.

Berat Badan Turun Secara Drastis

Ciri dari penyakit diabetes lainnya adalah mengenai berat badan, ketika seseorang menderita diabetes biasanya berat badan akan turun secara dratis, bahkan pengurangan bisa terjadi sekitar 5 persen dari keseluruhan berat badan.

Apalagi jika Anda mengkonsumsi makanan secara wajar, tidak melakukan diet, dan tidak sedang berolahraga secara ekstrim, penurunan berat badan biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba. Tubuh yang kekurangan energi akan memecah lemak dan otot, membuat Anda mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

Kulit Menjadi Kering

Banyak penderita diabetes yang mengatakan bahwa kulit mereka menjadi kering, bersisik, dan peca-pecah. Sehingga masalah pada kulit memang memiliki keterkaitan dengan gejala umum pada penyakit diabetes. Kemungkinan tersebut dikarenakan banyaknya cairan tubuh yang menjadi urin, sehingga kelembapan kulit juga turut berkurang.

Ciri dari penyakit diabetes ini juga bisa terjadi karena kurangnya sensifitas pada saraf, serta terhambatnya sirkulasi dalam darah. Gula dalam darah yang terlalu tinggi tentu akan membuat kinerja saraf dan aliran darah menjadi terganggu.

Selain beberapa ciri diatas, ciri dan gejala lainnya adalah luka yang tidak kunjung sembuh, bahkan untuk luka gores ukuran kecil. Penyempitan pembuluh darah akan membuat dinding pembuluh menjadi lebih keras, menyebabkan proses pembekuan dan jalannya nutrisi dalam darah juga turut terhambat.

Ciri dari penyakit diabetes memang terlihat umum dan sering dialami oleh banyak orang, namun karena itulah ia banyak disepelekan, membuat tiap tahunnya penderita diabetes militus meningkat. Menjaga pola hidup sehat dan rutin melakukan cek kesehatan bisa membantu Anda untuk mencegah terjadinya diabetes.