Inilah 5 Fitur WhatsApp Terbaru yang Jarang Diketahui Wajib Dicoba

by -29 views
Inilah 5 Fitur WhatsApp Terbaru yang Jarang Diketahui Wajib Dicoba

Sebagai aplikasi perpesanan paling populer, WhatsApp selalu berinovasi menghadirkan fitur menarik dan fungsional. Pengguna sering kali tidak mengetahui kegunaan fitur tersebut, sehingga jarang dipakai. Terdapat sejumlah fitur WhatsApp terbaru yang jarang diketahui untuk diterapkan di setiap percakapan.

Pengguna bisa mengaktifkannya untuk berbagai kepentingan misalnya menyimpan atau menandai pesan penting, mengatur notifikasi dan sebagainya. Berikut ini sejumlah fitur terbaru dari WhatsApp yang jarang diketahui oleh pengguna yang wajib dicoba.

1. Export Chat

Melalui fitur Export Chat, pengguna bisa dengan mudah menyimpan percakapan terpilih. Pengguna dapat mengaksesnya lewat menu More ketika membuka percakapan. Lalu, pilih opsi Export Chat untuk menyimpannya bagi pengguna Android.

Sedangkan bagi pengguna iOS, cukup tekan nama kontak yang ingin disimpan percakapannya. Pilih menu Contact Info untuk informasi tentang kontak lalu klik opsi Export Chat.

2. Starred Message

Pengguna kini dapat memberikan tanda pada pesan penting melalui fitur Starred Message. Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses kembali pesan penting serta tidak perlu repot mencarinya ketika dibutuhkan. Cukup menekan pesan yang diinginkan dan pilih tanda bintang untuk mengaktifkannya.

3. Custom Notifikasi

Fitur WhatsApp terbaru yang jarang diketahui satu ini memungkinkan pengguna mengatur nada dering atau suara notifikasi yang berbeda. Cara mengaktifkannya dengan klik ikon Menu, lalu pilih View Contact.

Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke menu Custom Notification serta tandai pengaturan dan kontak yang diinginkan. Pengguna dapat membuka menu Nama Kontak. kemudian klik Custome Tone pada versi iOS. Menu tersebut berfungsi untuk mengganti suara notifikasi secara umum maupun berbeda di tiap kontak.

4. Disappearing Messages

Fitur Disappearing Messages diketahui dapat mengirimkan pesan serta menghilangkannya secara otomatis. Pesan akan hilang otomatis dari chat room dalam jangka waktu tujuh hari setelah fitur diaktifkan. Pengguna bisa menggunakan fitur ini untuk melindungi percakapan yang bersifat rahasia.

Cara mengaktifkannya tidak sulit, cukup buka menu kontak lalu klik nama yang berada di bagian atas. Setelah itu, pilih opsi Disappearing Messages dan klik On untuk menghidupkannya. Setelah fitur aktif maka pesan maupun konten akan hilang otomatis. Namun, video atau gambar masih tersimpan di galeri penerima dan pengirim.

5. Detail Pesan

WhatsApp kini menawarkan fitur untuk mengetahui pesan telah dibaca maupun terkirim ke penerima. Fitur ini bisa diakses setiap kali pengguna mengirimkan pesan ke personal atau grup. Detail pesan ini berisi informasi mengenai kontak yang melihat serta terkirim atau tidak.

Pengguna cukup menggeser slide ke kiri pada pesan yang dikirim untuk iOS. Sedangkan pada Android, pengguna bisa mengklik pesan dan pilih tombol menu. Selanjutnya, pilih opsi Info untuk mengetahui detail pesan yang sudah dikirim.

Demikian pembahasan tentang fitur WhatsApp terbaru yang jarang diketahui oleh pengguna. Fitur tersebut bisa diakses sesuai dengan kebutuhan serta memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dengan WhatsApp. Untuk informasi menarik lainnya, pengguna bisa mengakses situs pasca-uinsuska.id.

No More Posts Available.

No more pages to load.