Inilah 5 Cara Mengatasi GB Whatsapp Lemot di Komputer

by -2 views
Inilah 5 Cara Mengatasi GB Whatsapp Lemot di Komputer

Whatsapp adalah satu diantara banyak aplikasi chatting yang wajib dimiliki bagi kebanyakan pengguna smartphone. Bahkan kini ada aplikasi modifikasi Whatsapp yaitu GBWhatsapp atau WA GB yang dapat tersambung ke PC. Jika pengguna mengalami kendala saat menggunakannya, ada cara jitu untuk mengatasi GBWhatsapp lemot di komputer.

Beberapa Rekomendasi Cara Mengatasi GB Whatsapp yang Lemot

Sebagian pengguna Whatsapp GB seringkali mengalami kendala aplikasi yang lemot saat memakainya. Hal ini tentu dapat menghambat kegiatan komunikasi, pekerjaan, ataupun urusan lainnya yang sedang dijalankan. Supaya hal tersebut tidak terjadi lagi, simak di bawah ini beberapa tips dan cara mengatasi GBWhatsapp lemot di komputer:

1. Membersihkan Cache Aplikasi

Cache dapat dikatakan sampah sisa-sisa pemakaian aplikasi yang ada di ponsel ataupun komputer. Semacam rekam jejak penelusuran saat menggunakan aplikasi. Tumpukan cache yang tidak dibersihkan seringkali menghambat kinerja aplikasi dengan optimal. Maka aplikasi menjadi lemot dan sulit digunakan.

Cobalah untuk membersihkan cache saat GB Whatsapp lemot. Caranya, klik menu “Library” pada desktop. Lalu klik “Media” dan akan muncul banyak opsi seperti video, documents, voice note, images, animated, dan lain-lain. Kemudian klik “Bersihkan cache” untuk menghilangkan sampah file tersebut.

2. Menghapus Virus yang Mungkin Menjangkit Aplikasi

Seperti yang diketahui dalam dunia elektronik digital, virus memang seringkali menjadi menghambat kinerja aplikasi atau bahkan mesin komputer. Jika virus sudah menjangkit aplikasi maka akan terjadi error ataupun lemot. Maka tak heran virus selama ini sangat dihindari.

Untuk menghapus virus, pengguna bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Smadav, ByteFence, dan sejenisnya. Caranya, klik kanan aplikasi GB Whatsapp yang ada di desktop, kemudian pilih opsi “Scan With Smadav”, lalu klik “Yes” untuk menyetujui proses scan. Tunggu proses sampai berhasil 100%.

3. Membersihkan Chat/Pesan Personal Chat ataupun Grup

Chat yang menumpuk juga menjadi salah satu biang lamot adalah terlalu banyak chat yang menumpuk. Hal ini membuat memori menjadi penuh dan aplikasi lambat bekerja. Tidak hanya di ponsel saja, tetapi Whatsapp di komputer juga.

Pilihlah beberapa chat yang sekiranya tidak terlalu penting dan klik icon tong sampah. Kemudian jika mempunyai grup yang tidak terlalu berfungsi, pengguna bisa keluar lalu menghapus grup untuk mengosongkan sebagian memori. Tunggu hingga proses pembersihan selesai, karena jika chat sangat banyak akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

4. Mencari Jaringan yang Bagus/Lancar

Whatsapp yang lemot bisa jadi disebabkan oleh sinyal/jaringan yang buruk. Maka disarankan untuk mengganti jenis provider yang memiliki jaringan yang baik dan mendukung berjalannya aplikasi. Jangan lupa juga untuk mengecek kuota internet apakah masih ada ataukah sudah habis.

Jika sudah mengganti beberapa jenis provider, namun jaringan belum juga membaik, pengguna dapat memasang WiFi di rumah. Sejauh ini koneksi WiFi memang sangat aman digunakan, bahkan dijamin tidak memiliki gangguan.

Demikian penjelasan bagaimana cara mengatasi GBWhatsapp lemot di komputer. Tampilannya yang sederhana dan mudah digunakan membuat WA GB juga mempunyai banyak pengguna. Bahkan kini juga hadir WA Fouad yang dapat diunduh di rsup-drsitanala.co.id.

No More Posts Available.

No more pages to load.