Ini Dia Hidangan yang Harus Ada Saat Mengadakan Acara di Rumah!

Ini Dia Hidangan yang Harus Ada Saat Mengadakan Acara di Rumah!
Ini Dia Hidangan yang Harus Ada Saat Mengadakan Acara di Rumah!

Mengadakan acara di rumah memang lebih hangat karea setiap orang dapat mengakrabkan diri satu sama lain. Maka dari itu, banyak orang yang lebih memilih rumah menjadi tempat sebagai pelaksana acara arisan, temu keluarga, pengajian, dan lain sebagainya.

Setelah memilih tempat, kini saatnya bagi anda untuk memikirkan makanan dan minuman untuk konsumsi tamu di rumah. Anda sedang bingung memikirkan menu apa yang cocok? Tenang saja, kami akan berikan informasi lengkap mengenai beberapa referensi hidangan yang wajib ada saat mengadakan acara di rumah.

Simak ulasannya berikut ini ya!

Hidangan yang Harus Ada Saat Mengadakan Acara di Rumah

Untuk dapat merasakan nostalgia akan kenangan masa kecil di kampung dulu, sebaiknya anda hidangkan sajian yang lebih tradisional pada saat acara arisan atau kumpul keluarga di rumah. Salah satu menu masakan tradisional yang paling legendaris adalah nasi liwet.

Cara membuat nasi liwet cukup mudah yaitu dengan menanak beras dari jenis apapun menggunakan air santan kelapa dan dua ikat daun pandan. Nasi yang berasal dari jawa tengah ini, biasanya disajikan dengan opor ayam, sayur labu siam, sambal kemangi, tempe goreng, dan lain sebagainya sesuai selera.

Apabila sedang sibuk dan tak sempat menyiapkan hidangan ini, anda tetap dapat pesan nasi liwet andalan provinsi jawa tengah ini di restoran kepercayaan anda.

 

Mie Goreng

Menu yang satu ini tidak dapat ditinggalkan dalam setiap hajatan seperti temu keluarga atau arisan. Rasanya yang enak dan familiar dengan lidah orang Indonesia, membuat mie goreng menjadi favorit dalam setiap hidangan. Arisan atau temu keluarga yang memiliki jumlah tamu cukup banyak tentunya membuat porsi yang disediakan pun harus banyak pula.

Nasi atau mie goreng meskipun disediakan dalam porsi yang cukup banyak tidak akan menjebolkan kantong anda, hehe. Maka dari itu, selain enak menggunakan mie goreng sebagai hidangan juga dapat menghemat pengeluaran.

 

Opor Ayam

Setelah nasi selesai dibuat, kini saatnya mengolah lauk sebagai pelengkap nasi liwet. lauk yang cocok sebagai pendamping nasi liwet adalah opor ayam. Karena rasanya yang gurih dan sedap, selain ketupat opor ayam juga cocok dipadukan dengan nasi liwet yang gurih dan hangat.

Cara membuat opor ayam cukup mudah yaitu dengan menyiapakn bahab-bahan utama seperti ayam kampung, bumbu rempah-rempah, dan santan. Tumis bumbu hingga wangi lalu masukan ayam yang telah direbus terlebih dahulu. Setelah itu, masukan santan dan bumbu penyedap, lalu tunggu hingga mendidih. Opor ayam yang gurih dan lezatpun siap dihidangkan.

 

Aneka Gorengan

Setelah menu utama selesai dimasak, kini saatnya menyiapkan makanan pelengkap seperti gorengan. Sebagai pilihan, usahakan untuk membuat beberapa jenis gorengan agar tamu tidak bosan, seperti bakwan, tempe goreng, tahu goreng, perkedel, dan masih banyak lagi.

Selain sebagai makanan pelengkap, gorengan juga dapat menjadi camilan ketika sedang ngobrol-ngobrol di ruang keluarga. Jangan lupa tambahkan cabai hijau atau sambal kecap untuk menambah cita rasa.

 

Makanan pencuci Mulut

Selain gorengan, camilan ketika sedang berkumpul atau ngobrol-ngobrol dapat berupa aneka kue kering maupun basah. Seperti kue lumpur, lumpia, brownies, kue kacang, dan lainnya yang bercita rasa manis.

Selain kue, hidangan pencuci mulut yang paling cocok setelah makan besar bersama keluarga adalah buah-buahan. Siapkan semangka berukuran besar, kemudian potong kecil-kecil agar tamu dapat mengambil sesuai selera.

Demikian ulasan lengkap mengenai Hidangan yang Harus Ada Saat Mengadakan Acara di Rumah. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.