Ini Dia Cara Mengurus Izin Tinggal Di Luar Negeri, Mau Tahu?

by -28 views
Ini Dia Cara Mengurus Izin Tinggal Di Luar Negeri, Mau Tahu?

Kamu bisa tinggal di luar negeri jika sudah mengurus izin kartu KMILN. Dimana KMILN alias kartu masyarakat Indonesia di luar negeri ini diterbitkan oleh pemerintah.  Untuk lebih jelasnya lagi, simak cara mengurus KMILN di bawah ini ya!

Sebelum mengajukan surat izin penerbitan KMILN tersebut, tentunya kamu harus mengetahui syaratnya terlebih dahulu. Dimana kamu bisa mengunjungi website resmi milik kemlu.go.id lalu cari informasi dan baca secara mendetail ya!

Jika sudah, kamu bisa langsung membuat akunnya secara online pada halaman website yang telah disediakan oleh pihak kemlu. Setelah berhasil membuat akunnya secara online, maka nantinya kamu akan menerima sebuah notifikasi e-mail yang berisikan halaman aktivasi akun.

Jika sudah, segera buka website KMILN lalu nantinya kamu akan disuruh mengisi beberapa macam formulir di sana. Jika sudah, upload dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi syarat pendaftaran pembuatan KMILN itu tadi dan tentunya ada beberapa dokumen yang perlu dialihbahasakan melalui jasa interpreter.

Setelah itu kamu tinggal mengirim aplikasinya saja. Nantinya pihak kemlu akan menghubungi jika ada perbaikan. Setelah itu kamu tinggal menunggu kartu KMILN tersebut diterbitkan saja.

Di sisi lain, kartu KMILN tersebut mempunyai batas waktu tesendiri. Dengan kata lain, kamu harus melakukan perpanjangan jika ingin tinggal lebih lama lagi tentunya. Sebagai informasi tambahan, kartu izin tinggal tetap ini umumnya berlaku selama 5 tahun.

Namun, beda halnya dengan orang asing yang berstatus sebagai suami istri dan juga mempunyai anak yang lahir di Indonesia dari pemegang kartu ITAP. Dimana masa ITAP alias izin tinggal tetap tersebut akan menyesuaikan dengan induknya.

Sebagai tambahan informasi, bagi kamu warga asing yang ingin mengurus izin tinggal tersebut maka  bisa datang langsung ke kantor imigrasi yang ditunjuk. Dengan kata lain, kamu tidak perlu membuat akun terlebih dahulu secara online seperti yang telah dijelaskan di atas tadi.

Tentunya kamu juga harus membawa berbagai macam dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat permohonannya. Apabila dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, tentunya permohonan tersebut akan langsung diproses. Setidaknya butuh waktu paling lama 4 hari kerja untuk mengurus izin tersebut.

No More Posts Available.

No more pages to load.