Hati-hati dengan Kondisi Kulit Kepala Berkerak, Begini Penjelasannya

Kulit Kepala Berkerak

Bagian kepala merupakan mahkota bagi setiap manusia termasuk bagian kulitnya. Bagian ini menjadi area yang memiliki indra sehingga dapat merasakan sakit ataupun gatal. Bagian ini juga dapat mengalami gangguan misalnya kulit kepala berkerak.

Dari namanya, Anda tentu sudah dapat membayangkan gangguan tersebut sangat membuat Anda tidak nyaman. Gangguan ini tentu cukup mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Kondisi ini bisa disebabkan keadaan kulit kepala yang kotor dan kering. Hal tersebut dapat disebabkan karena kurang memperhatikan kebersihan bagian kepala terutama rambut.

Dalam kondisi tersebut, terdapat beberapa jenis gangguan yang membuat kepala menjadi berkerak. Pertama adanya eksim yaitu kondisi kulit kepala menjadi bersisik disertai rasa gatal yang mengganggu. Lama kelamaan kulit kepala menjadi mengering. Adapula kondisi yang disebut Psoriasis dimana kondisinya memerah lalu bersisik hingga berlapis, menumpuk dan mengering.

Selain itu, adapula jenis gangguan Dermatitis seboroik yang disebabkan oleh jamur yang menjadi kering. Secara umum, kondisi kulit kepala berkerak disebabkan oleh jamur dan kulit yang berminyak. Tak hanya itu, tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik juga dapat memicu adanya gangguan tersebut.

Beberapa keadaan tersebut dapat dikenali dengan beberapa ciri-ciri. Pertama, rambut yang kering juga sering ditandai dengan rambut yang rontok dan rapuh. Kelembapan pada kulit kepala akan semakin berkurang sehingga keadaannya akan mengering. Jika sudah terjadi, maka rambut akan rontok dan juga rapuh.

Berikutnya, gejala gangguan kulit kepala ini juga dapat ditandai dengan rasa gatal yang mengganggu. Akibat bekas garukan karena gatal tersebut maka kulit kepala akan menimbulkan serpihan kecil. Serpihan tersebut sering disalahartikan sebagai ketombe. Padahal serpihan tersebut bukanlah ketombe.

Serpihan yang berwarna putih ini merupakan sel kulit yang mengering. Akibat sudah mengering pada akhirnya kulit tersebut akan mengelupas. Jika gejala ini muncul disertai gejala lainnya, maka sebaiknya Anda harus segera mengatasinya. Hal ini untuk menjaga agar kondisinya tidak semakin parah dan meluas.

Untuk mengatasinya kulit kepala berkerak, Anda dapat menggunakan beberapa bahan alami. Anda dapat menggunakan lidah buaya yang memiliki kandungan anti radang yang dapat mengatasi masalah kulit kepala yang kering. Aplikasikan lidah buaya pada bagian yang sangat kering agar permukaannya menjadi lebih lembab.

Untuk meredakan rasa gatal yang memicu permukaannya menjadi lebih kering Anda dapat mencampurkan minyak zaitun dan baking soda. Perpaduan tersebut juga dapat mengangkat ketombe. Perpaduan tersebut akan menghasilkan kandungan antijamur dan antibakteri. Dengan begitu, kulit kepala bisa menjadi lebih sehat dan lebih baik.

Selain itu, Anda juga perlu mencuci rambut Anda dengan lebih teratur. Dalam keadaan kulit kepala berkerak, Anda tidak boleh menggunakan sampo anti ketombe. Anda harus menggunakan sampo yang dapat menghidrasi kulit kepala dan melembabkannya. Salah satunya ialah sampo Dove Volume Nourishment.

Dengan formula Oxyfusion Technology sampo ini dapat menutrisi rambut namun tidak akan membuatnya menjadi lepek atau kering. Kandungan oksigen yang ada didalamnya mampu membuat nutrisi menjadi terserap sempurna. Otomatis rambut akan lebih lembut dan juga bervolume. Dengan begitu, keadaan rambut tidak akan terlalu kering.

Beberapa cara tersebut dapat Anda lakukan dengan sebaik mungkin dan berkelanjutan. Penggunaan sampo yang tepat dapat menjadi solusi bagi Anda yang mengalami gangguan kulit kepala berkerak. Untuk itu, Anda harus melakukan pencegahan dengan benar. Kemudian, jika sudah terkena gangguan ini maka sebaiknya atasi dengan cara yang tepat pula.