Faktor yang Memberikan Pengaruh Pada Premi Asuransi Mobil

by -3 views
Faktor yang Memberikan Pengaruh Pada Premi Asuransi Mobil

Ketika kita memiliki asuransi mobil, kita memiliki hak mendapatkan perlindungan kendaraan terhadap kerusakan dan kecelakaan. Untuk mendapatkan hak tersebut, kita juga wajib menjalan kewajiban sebagai pemilik asuransi. Kewajiban yang dimaksud adalah membayar premi asuransi mobil. Jika kita bimbang mengenai besar premi yang harus dibayarkan, kita sebenarnya tidak harus dipusingkan dengan masalah tersebut. Pembayaran premi dilakukan berdasarkan dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh OJK. Berdasarkan dengan surat edaran yang diberikan oleh OJK, besaran premi telah diatur berdasarkan dengan wilayah dimana kendaraan beroperasi dan hukum yang berlaku. Besaran premi nantinya akan ditambah dengan biaya polis, biaya administrasi dan materai.

Besaran premi kendaraan dapat pula dipengaruhi dengan jenis asuransi mobil yang kita pilih. Pada umumnya, asuransi kendaraan roda empat dibagi menjadi dua jenis yakni asuransi All Risk dan asuransi Total Lost Only. Jika menilik latar belakang kedua jenis asuransi tersebut, kita akan menemukan perbedaan yang cukup signifikan. Jenis asuransi All Risk akan memberikan jaminan terhadap semua jenis kerusakan. Sedangkan asuransi Total Lost Only hanya memberikan perlindungan jika mobil mengalami kerusakan hingga 75% atau mobil yang hilang akibat dicuri. Berdasarkan perbedaan yang dimiliki oleh kedua asuransi, besaran premi yang wajib dibayarkan juga akan berbeda. Karena asuransi All Risk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh, kita harus membayarkan premi yang lebih besar jika dibandingkan dengan Total Lost Only.

Nilai mobil menjadi faktor lainnya yang mampu memberikan pengaruh terhadap besaran premi asuransi kendaraan beroda empat ini. Jika mobil memiliki nilai yang tinggi, besaran premi yang perlu dibayarkan juga memiliki jumlah yang tinggi. Sebaliknya, premi akan memiliki jumlah yang sedikit jika nilai mobil rendah. Faktor lainnya yang memicu jumlah premi asuransi adalah tahun mobil. Semakin panjang tahun mobil, jumlah premi yang dibayar juga meningkat. Semakin mobil bertambah tua, resiko kerusakan yang dialami oleh mobil tersebut juga akan meningkat. Hal tersebut terjadi lantaran daya tahan mesin mobil mengalami penurunan.

No More Posts Available.

No more pages to load.