Cara Membuat Footnote di Microsoft Word dengan Cepat dan Mudah

Footnote di Microsoft Word

Footnote adalah catatan kaki yang ditambahkan pada bagian bawah halaman dokumen. Fitur ini sangat berguna dalam menambahkan informasi tambahan atau referensi pada dokumen, terutama dokumen akademik seperti paper atau tesis.

Di Microsoft Word, membuat footnote sangat mudah dilakukan. Berikut ini adalah cara membuat footnote di Word dengan cepat dan mudah:

Footnote di Microsoft Word

Cara Membuat Footnote di Microsoft Word

Langkah 1: Pilih posisi tempat Anda ingin menambahkan footnote

Sebelum membuat footnote, tentukan posisi di mana Anda ingin menambahkannya. Jangan lupa untuk menempatkan kursor di posisi tersebut.

Langkah 2: Klik tombol “Referensi”

Setelah menentukan posisi footnote, klik tab “Referensi” yang terletak di bagian atas jendela Word.

Langkah 3: Klik tombol “Insert Footnote”

Di bagian “Referensi”, klik tombol “Insert Footnote”. Tombol ini terletak di bagian bawah tab “Referensi”. Setelah itu, Word akan secara otomatis menambahkan footnote di bagian bawah halaman, di bawah baris teks di mana Anda menempatkan kursor.

Langkah 4: Ketik teks footnote

Setelah footnote ditambahkan, Anda bisa langsung mengetik teks yang ingin ditambahkan pada footnote tersebut. Pastikan teks yang ditambahkan relevan dengan teks di mana footnote ditempatkan.

Langkah 5: Selesai

Setelah menambahkan teks pada footnote, Anda sudah selesai membuat footnote di Word.

Selain cara di atas, ada juga cara lain untuk membuat footnote di Word. Berikut ini adalah cara membuat footnote dengan keyboard shortcut:

Langkah 1: Pilih posisi tempat Anda ingin menambahkan footnote

Seperti langkah pertama di atas, pilih posisi di mana Anda ingin menambahkan footnote.

Langkah 2: Gunakan keyboard shortcut “Ctrl + Alt + F”

Setelah menentukan posisi footnote, gunakan keyboard shortcut “Ctrl + Alt + F”. Shortcut ini akan secara otomatis menambahkan footnote di bagian bawah halaman, di bawah baris teks di mana Anda menempatkan kursor.

Langkah 3: Ketik teks footnote

Setelah footnote ditambahkan, ketik teks yang ingin ditambahkan pada footnote tersebut.

Langkah 4: Selesai

Setelah menambahkan teks pada footnote, Anda sudah selesai membuat footnote di Word menggunakan keyboard shortcut.

Namun, agar footnote Anda terlihat lebih profesional, Anda bisa mengubah format dan gaya footnote. Berikut ini adalah cara mengubah format dan gaya footnote di Word:

Langkah 1: Pilih “Footnote and Endnote” di tab “References”

Klik tab “References” di bagian atas jendela Word. Lalu, pilih “Footnote and Endnote” yang terletak di sebelah kiri bawah tab “References”.

Langkah 2: Pilih “Footnote Separator” atau “Footnote Continuation Separator”

Pilih “Footnote Separator” atau “Footnote Continuation Separator” untuk mengubah format dan gaya footnote. Anda bisa memilih dari beberapa opsi yang tersedia, seperti “Single line”, “Double line”, atau “None”.

Langkah 3: Pilih “Footnote Numbering”

Selain itu, Anda juga bisa mengubah gaya nomor pada footnote. Pilih “Footnote Numbering” untuk mengubah gaya nomor pada footnote. Anda bisa memilih dari beberapa opsi yang tersedia, seperti nomor romawi kecil atau besar, nomor Arab, atau huruf alfabet.

Langkah 4: Selesai

Setelah Anda selesai memilih format dan gaya footnote yang diinginkan, klik “OK”. Word akan secara otomatis mengubah format dan gaya footnote yang Anda pilih.

Membuat footnote sangat penting, terutama pada dokumen akademik seperti paper atau tesis. Dengan menambahkan footnote, Anda bisa memberikan informasi tambahan atau referensi yang relevan dengan teks yang ditulis.

Demikianlah cara membuat footnote di Word dengan cepat dan mudah, serta cara mengubah format dan gaya footnote. Dengan menggunakan footnote yang tepat dan relevan, Anda bisa membuat dokumen Anda lebih akurat dan profesional. Selamat mencoba!***

Sumber :

Situs Slot Edan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top