7 Manfaat Olahraga Secara Teratur

Anda tahu bahwa olahraga baik untuk Anda, tetapi apakah Anda tahu seberapa baiknya? Dari mulai meningkatkan suasana hati sampai memperbaiki kehidupan seksual, cari tahu bagaimana olahraga dapat memperbaiki hidup Anda.

Ingin merasa lebih baik, lebih berenergi atau mungkin hidup lebih lama? Jangan cari cara lain selain olahraga. Manfaat olahraga dan aktivitas fisik secara teratur untuk kesehatan tidak dapat diabaikan begitu saja. Dan manfaat olahraga itu dapat Anda pergunakan, terlepas dari usia, jenis kelamin atau kemampuan fisik Anda. Perlu lebih diyakinkan untuk berolahraga? Periksa tujuh cara berikut ini tentang bagaimana olahraga dapat memperbaiki hidup Anda.

No. 1: Olahraga mengontrol berat badan

Olahraga dapat membantu mencegah penambahan berat badan yang berlebihan atau membantu mempertahankan penurunan berat. Ketika Anda sibuk dalam aktivitas fisik, Anda membakar kalori. Semakin intensif aktivitas tersebut, semakin banyak kalori yang terbakar. Anda tidak perlu menyisihkan waktu yang sangat banyak agar dengan berolahraga dapat meraih manfaat penurunan berat badan. Kalau Anda tidak dapat melakukan olahraga yang sebenarnya, cobalah untuk lebih aktif sepanjang hari dengan cara-cara yang sederhana — dengan naik tangga alih-alih naik lift atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

No. 2: Olahraga menanggulangi masalah kesehatan dan penyakit

Khawatir dengan penyakit jantung? Berharap dapat mencegah tekanan darah tinggi? Berapa pun berat badan Anda saat ini, dengan aktif bergerak maka akan meningkatkan high-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol “baik,” dan mengurangi trigliserida tidak sehat. Dengan melakukan gerakan pukulan satu-dua, darah akan tetap mengalir dengan lancar, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebenarnya, aktivitas fisik yang teratur dapat membantu mencegah atau mengatur beraneka masalah dan kecemasan yang menyangkut kesehatan, termasuk di antaranya stroke, sindrom metabolisme, diabetes tipe 2, depresi, jenis-jenis kanker tertentu, radang sendi dan jatuh.

No. 3: Olahraga memperbaiki suasana hati

Butuh penguat emosi? Atau perlu melepaskan ketegangan setelah mengalami hari yang menegangkan? Olahraga di tempat kebugaran atau berjalan cepat selama 30 menit dapat membantu Anda. Aktivitas fisik merangsang beragam senyawa kimia tertentu pada otak yang mungkin dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan tenang. Anda pun barangkali akan merasa lebih baik dengan penampilan dan diri sendiri ketika rutin berolahraga, sehingga dapat menambah rasa percaya diri dan meningkatkan harga diri.

No. 4: Olahraga menambah energi

Terengah-engah setelah belanja atau melakukan pekerjaan rumah tangga? Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dapat memperbaiki kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan. Olahraga dan aktivitas fisik mengirimkan oksigen dan zat gizi ke jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Dan saat jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien, Anda memiliki energi yang lebih banyak untuk mengurus pekerjaan rumah tangga.

No. 5: Olahraga meningkatkan tidur yang lebih baik

Susah tertidur? Atau tetap tidur? Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu tertidur lebih cepat dan tidur lebih pulas. Hanya saja, jangan berolahraga menjelang tidur, karena Anda mungkin akan terlalu berenergi untuk tertidur.

No. 6: Olahraga menggelorakan kembali kehidupan seksual Anda

Apakah Anda merasa terlalu letih atau bentuk tubuh Anda terlalu buruk untuk menikmati kedekatan fisik? Aktivitas fisik yang teratur akan membuat Anda merasa dan tampil lebih baik, yang bisa berdampak positif bagi kehidupan seksual Anda. Tetapi bukan itu saja. Aktivitas fisik yang teratur bisa berdampak pada meningkatnya gairah pada wanita. Dan pria yang secara rutin berolahraga lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki masalah dengan disfungsi ereksi daripada pria yang tidak berolahraga.

No. 7: Olahraga bisa menyenangkan

Olahraga dan aktivitas fisik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Olahraga memberi kesempatan untuk relaksasi, menikmati suasana di luar atau sekadar melibatkan diri dalam aktivitas yang menyenangkan bagi Anda. Aktivitas fisik dapat juga membantu Anda terhubung dengan keluarga atau teman secara akrab dan menyenangkan. Jadi, ikuti kelas menari, ikut hiking atau bergabung dengan tim sepak bola. Cari aktivitas fisik yang Anda sukai, dan lakukan saja. Kalau Anda bosan, coba yang baru.

Kesimpulan Mengenai olahraga

Olahraga dan aktivitas fisik merupakan cara yang sangat baik supaya Anda merasa lebih baik, mendapat manfaat kesehatan dan bersenang-senang. Sebagai tujuan umum, usahakan untuk melakukan paling tidak 30 menit beraktivitas fisik setiap hari. Jika Anda ingin mengurangi berat badan atau mencapai tujuan kebugaran tertentu, Anda mungkin perlu berolahraga lebih sering. Ingatlah untuk selalu memeriksakan diri ke dokter sebelum memulai program olahraga yang baru, terutama kalau Anda sudah lama tidak berolahraga, memiliki masalah kesehatan yang kronis, seperti penyakit jantung, diabetes atau radang sendi, atau Anda memiliki masalah apa pun.

Written By
More from

9 Suplemen Penambah Massa Otot Terbaik

Tak bisa dipungkiri, massa otot dapat ditingkatkan dengan pola makan yang benar...
Read More