Bikin Kopi Cincau Pakai Kental Manis? Gampang Kok!

by -157 views
Kopi Cingcau

Sebelum minuman boba masuk, es kopi cincau sempat viral dan digemari banyak orang. Banyak orang yang rela mengantri demi bisa meminum es kopi cincau. Kalau kamu kangen sama minuman es kopi cincau, kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan kental manis di rumah.

Cocok juga nih diminum saat weekend seperti ini atau saat kamu bekerja dari rumah atau Work From Home. Terlebih kopi memiliki manfaat bisa mengurangi kantuk karena kandungan kafein di dalamnya.

Bikinnya pun nggak sulit, kok. Kamu cuma butuh cincau, kopi, dan kental manis. Bahan-bahan yang kamu gunakan pun cukup mudah didapatkan, kan? Yuk intip resep kopi es cincau di bawah ini!

Resep Kopi Cincau Kental Manis

Bahan-bahan:

  • 200 gr cincau hitam
  • 150 ml kopi cold brew
  • 40 ml kental manis
  • 1 gelas es batu

Cara membuat:

  1. Parut atau potong-potong cincau sesuai selera
  2. Tuang kopi cold brew, campurkan dengan kental manis dan aduk hingga rata
  3. Masukkan cincau ke dalam gelas, masukkan es batu, dan tuang kopi cold brew yang sudah dicampurkan
  4. Es kopi cincau siap disantap

Gimana? Simple banget kan cara membuatnya? Minum kopi cincau ini di siang hari kayaknya segar banget ya, apalagi jika ditambah kental manis sebagai penambah cita rasa pada setiap kreasi makanan dan minumanmu. Pasti jadi semakin nikmat, deh! Jadi, jangan lupa untuk selalu sedia kental manis di rumah, yaa!

Manfaat kopi susu

Tahu nggak sih, kalau ternyata mengonsumsi segelas es kopi susu dalam takaran yang pas juga memberikan banyak manfaat, khususnya karena kandungan kopinya.

  • Kopi merupakan sumber antioksidan yang baik terutama untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit berbahaya
  • Kandungan kopi bisa memperbaiki suasana hati dan menghindari risiko depresi
  • Kopi bisa menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti alzheimer
  • Kopi juga banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, salah satunya memenuhi kebutuhan energi harian sehingga bisa beraktivitas dengan baik

Makanan dengan bahan kental manis yang cocok untuk WFH

Es krim sandwich

 Es krim sandwich ini berasal dari Singapura. Untuk membuatnya, kamu bisa dengan mudah menemukan bahan-bahannya di pasar atau minimarket terdekat.

Bahan-bahan:

  • 500 ml susu cair
  • 3 kuning telur
  • 120 ml kental manis
  • 300 gr whipped cream
  • Garam secukupnya
  • Roti tawar

Cara membuat:

  1. Campurkan susu cair, kuning telur, kental manis, garam, masak dan aduk hingga mendidih.
  2. Dinginkan dan campur dengan whipped cream hingga merata dan masukkan ke dalam kulkas
  3. Meletakkan es krim di atas roti tawar dan tangkup dengan roti tawar lagi sehingga menyerupai sandwich
  4. Es krim sandwich siap dihidangkan

Es Lilin

Sebelum muncul minuman kekinian seperti es kopi dan boba, es lilin juga pernah jaya di masanya. Hal ini karena es lilin punya banyak variasi rasa yang nggak kalah enak. Agar es lilin makin kekinian, kamu bisa mencampurkan kental manis biar rasanya makin creamy.

Bahan-bahan

  • Buah-buahan sesuai pilihanmu
  • 1 sdm gula kastor
  • 200 ml kental manis
  • 150 ml susu cair

Cara membuat

  1. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius
  2. Potong buah dan aduk dengan gula dan masukkan ke dalam nampan oven yang sudah dilapisi baking paper
  3. Panggang selama 15-20 menit sampai buah lunak dan berair
  4. Masukkan buah yang sudah dipanggang ke dalam blender bersama dengan kental manis
  5. Tambahkan susu cair dan campur hingga halus dan merata.
  6. Masukkan adonan ke cetakan es lilin dan bekukan selama satu malam.

Es krim wafer coklat

Kalau kamu masih ada sisa wafer di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat es krim wafer coklat yang enak. Perpaduan crunchy yang berasal dari wafer akan semakin enak dengan lembutnya es krim.

Bahan-bahan:

  • 10 bungkus wafer coklat yang sudah dihancurkan
  • 500 ml susu cair
  • 120 gr kental manis
  • 1 sdm tepung maizena
  • 3 sdm air untuk melarutkan maizena

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah dan campurkan semua bahan lalu aduk hingga mendidih
  2. Sisihkan hingga agak dingin dan tambahkan potongan wafer coklat.
  3. Masukkan ke dalam cetakan es krim lollipop dan simpan di dalam freezer hingga membeku.

Es krim biskuit coklat

Kalau seandainya nggak ada wafer, kamu juga bisa menggantinya dengan bahan biskuit yang ada di rumah. Rasanya dijamin nggak kalah enak sama rasa es krim wafer coklat. Begini cara membuatnya di rumah.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus biskuit yang sudah dihancurkan lembut
  • 1 bungkus biskuit yang sudah dihancurkan kasar
  • 100 gr kental manis
  • 200 gr whipped cream
  • 100 ml susu cair dingin

Cara membuat:

  1. Campurkan biskuit coklat yang sudah dihancurkan lembut dengan susu cair dingin, kental manis, dan whipped cream dengan menggunakan mixer atau blender hingga teksturnya mengental dan kaku.
  2. Masukkan biskuit yang ukurannya kasar dan tuang adonan ke dalam cetakan.
  3. Dinginkan di dalam freezer hingga mengeras.

Maíz Con Hielo

Maiz con hielo merupakan salah satu hidangan penutup yang cukup terkenal di Filipina. Minuman enak ini terbuat dari es serut yang dilapisi biji jagung dan kental manis. Resep ini memang terinspirasi oleh salah satu menu di restoran milik chef terkenal di Filipina, Jonathan Dario Salvador.

Bahan-bahan:

  • 4 tongkol jagung yang bijinya sudah dipisah hingga mencapai 2,5 gelas, lalu simpan juga cairan dalam proses ini
  • 90 ml krim kental
  • 30 ml kental manis
  • 30 ml susu evaporasi
  • 8 sdm gula pasir
  • 1 ¾ sdt garam kasar
  • 30 ml plus 2 sdm gula palem
  • Cornflakes

Cara membuat:

  1. Sisihkan 1 cangkir biji jagung untuk sirup, sisa biji jagung dan cairan jagung kemudian diblender hingga halus kemudian saring dan masukkan ke dalam mangkuk
  2. Tambahkan krim, kental manis, susu evaporasi, 2 sdm gula pasir, ¾ sdt garam, dan 2 gelas air ke mangkuk berisi cairan jagung
  3. Tuang campuran adonan tersebut ke dalam loyang dan bekukan selama 30 menit
  4. Kikis adonan yang dibekukan setiap 30 menit dengan menggunakan garpu hingga berubah menjadi kristal es tebal, dingin, dan bersisik sekitar 2 jam. Kemudian tutup rapat dan bekukan. Kristal es ini disebut granita
  5. Rebus gula palem, gula pasir, garam dan air hingga mendidih dalam panci sedang-tinggi. Aduk hingga sirup mulai menebal tapi berair
  6. Tambah 1 cangkir jagung, kurangi api hingga sedang-rendah dan aduk hingga saus mengental sekitar 3 menit
  7. Dinginkan dalam wadah kedap udara hingga siap untuk disajikan
  8. Siapkan sirup dan jagung di gelas, lapisi dengan granita dan taburi cornflakes
  9. Maiz con hielo siap disantap

Nah, itu dia beberapa inspirasi minuman dan dessert yang bisa kamu kreasikan dengan menggunakan kental manis. Selamat mencoba!