Bedanya Pemasaran Dulu Dan Sekarang Di Jaman Serba Digital

Jaman Serba Digital

Perkembangan jaman memang membuat segala sesuatu juga berubah, misalnya dalam bergaul, cara Anda berinterkasi terhadap orang lain, sampai tergila gila dengan namanya gadget. Tak hanya gaya hidup Anda yang berubah, namun pola berbisnis Anda juga berubah.

Bedanya Pemasaran Dulu Dan Sekarang

Oke mari kita lihat perbedaan cara berbisnis pada jaman dahulu dengan bisnis dengan zaman serba digital ini.

Promosi secara Door to Door

Pada jaman dahulu perusahaan dalam memasarkan produknya melakukan tinjauan pasar secara langsung atau bisa memasarkan barang produksinya secara door to door, supaya konsumen dapat melihat barang secara langsung. Salah satu cara yaitu mencari sasaran atau lingkungan itu sangat di pentingkan untuk dapat di jadikan tempat pemasaran produknya.

Kelemahan dari sistem door to door ini banyak menyita waktu dan tenaga, namun dengan adanya sistem door to door atau mulut ke mulut akan lebih banyak konsumen yang membeli dan memberikan rasa percaya antara pemasar dan pembeli.

Promosi Dilakukan dalam Bentuk Konten Secara Online

Sedangakan pemasaran pada jaman serba digital yang saat ini digunakan salah satunya dengan menggunakan suatu konten baik dalam bentuk tulisan ataupun video. pemasaran tidak perlu terjun langsung ke lapang, karena sudah banyak media yang dapat digunakan untuk memperkenalkan barang produksi yang dapat di pasarkan secara luas. Tentunya pemasaran ini bisa dilakukan secara online. Bahkan yang paling banyak digunakan pada saat ini adalah pemasaran dalam bentuk video dengan menggunakan Jasa Animasi Explainer Profesional. Anda tidak perlu bingung membuat video animasi sendiri untuk menggambarkan bisnis Anda karena penyedia jasa akan membantu Anda.

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemasaran Dulu dan Sekarang

Kelebihan dan kelemahan dari sistem pemasaran pada jaman serba digital ini adalah, mudah dalam mengakses barang produksi, dapat menjangkau secara luas bisa dalam negri maupun luar negri pembeli tidak hanya lokal saja, bisa ke mancanegara, efisien waktu karena dapat dilakukan dimana saja, kelemahan dalam pemasaran zaman serba digital adalah kurang terpercaya, rentan kegiatan menipu, rentan kesalahan teknis dan terdapat pelanggan yang tidak paham mengenai internet.

Peninjauan kondisi pasar dapat dilakukan melalui fasilitas seperti adanya globalisasi media, adanya jaringan teknologi informasi, adanya transformasi retail.

Akan tetapi sampai saat ini pemasaran yang digunakan adalah sistem mulut ke mulut, yang di maksud adalah melalui penyebaran barang produksi secara langsung akan lebih banyak mendapatkan konsumen. Karena yang dibicarakan dan yang diinformasikan akan tersebar luas satu orang ke orang lain. Hanya saja pada zaman sekarang lebih mudah dalam memasarkan produknya dimana pun mereka berada, tanpa harus berkomunikasi secara langsung.