Bagaimana Cara Kerja Mesin 4 Tak Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya!

by -5 views
Bagaimana Cara Kerja Mesin 4 Tak Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya

Tidak sedikit orang yang masih bingung terhadap bagaimana cara kerja mesin 4 tak pada kendaraan, padahal sangat mudah untuk dipahami. Bagi kamu yang masih belum paham, coba simak ulasan artikel yang ada di bawah ini untuk lebih lanjutnya lagi mengenai mesin 4 tak tersebut.

Pertama, mesin 4 tak ini menggunakan langkah hisap atau lebih sering disebut dengan istilah intake. Dimana tahapan yang satu ini akan bekerja aapabila intake telah terbuka lalu nantinya secara otomatis akan menghisap campuran bahan bakarnya sendiri.

Kedua yaitu langkah compression atau kompresi pada mesin 4 tak yang mempungkinkan klep inlet akan menutup dengan sendirinya. Sehingga piston akan mendrong komponen tersebut ke arah pembakaran. Akibarnya akan ada momen khusus yang kerap disebut dengan kruk as flywheel.

Dimana dalam tahapan yang satu ini nantinya piston akan bergerak ke arah TMB lalu kembali ke TMA. Dimana semuanya diikuti klep in maupun klep ex lalu mulai menutup namun sebelum  menuju ke TMA tadi busi di mesin mobilmu akan bekerja. Tandanya yaitu busimu akan menghasilkan percikan bunga api tersendiri yang berguna untuk membantu proses pembakaran supaya mobilmu bisa dikendarai dengan lancar.

Ketiga yaitu langkah combustion alias pembakaran yang mana pada tahapan ini nantinya tenaga kerja penggerak dari mobilmu akan dilakukan. Dimana tenaga tersebut diperoleh berdasarkan campuran bahan bakar ynag telah dikompresi dan juga udara, lalu akan menyala berkat dorongan busi.

Terakhir, ada langkah buang  alias exhaust yang keberadaannya sendiri tak kalah penting jika dibandingkan dengan ketiga cara kerja mesin 4 tak di atas tadi. Mengignat nantinya piston akan mendorong gas dari sisa pembakaran tersebut. Setelah itu gas yang dikeluarkan dari silinder pembakaran tersebut akan diarahkan menuju pipa knalpot.

Sesuai dengan namanya sendiri, mesin 4 tak ini juga mempunyai 4 buah tahapan seperti yagn telah dijelaskan di atas tadi. Dimana semua tahapan itu tadi berfungsi untuk menghasilkan energi pstinya dengan begitu kendaraanmu bisa dioperasikan dengan nyaman   karena sudah banyak mobil modern yang menggunakan mesin ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.