Aplikasi Scan Teks Android

Aplikasi Scan Teks Android
Aplikasi Scan Teks Android

Kehadiran perangkat smartphone di era modern ini semakin menggeser fungsi berbagai peralatan teknologi yang populer beberapa tahun lalu. Sebut saja kamera, telepon kabel, dan televisi mulai tergeser penggunaannya oleh kehadiran smartphone. Bila anda sering berurusan dengan kebutuhan perkantoran yang melibatkan banyak dokumen tentu anda familiar dengan peralatan scan dokumen. Saat ini dengan kehadiran aplikasi scan karakter atau tulisan yang memudahkan pekerjaan anda. Jika dahulu scan dokumen hanya dapat menghasilkan file berupa gambar digital, OCR atau Optical Character Reader ini membuat anda mendapatkan file data berupa tulisan digital yang kelak dapat anda edit atau gubah dalam format PDF. Berikut ini beberapa Aplikasi Scan Teks Android yang akan memudahkan pekerjaan anda :

 

1. Google Goggles

Google Goggles merupakan Aplikasi dari produsen Android yang memiliki kelebihan tersendiri dalam “membaca” gambar yang ditangkap oleh lensa kamera. Secara mendasar sistem OCR pada Google Goggles ditujukan bagi anda yang gemar bepergian ke luar negeri atau ke daerah-daerah lain yang memiliki karakter bahasa yang tidak umum. Gambar yang ditangkap oleh kamera akan dikonversikan menjadi teks digital, selanjutnya hasil konversi teks ini akan digubah dalam beberapa bahasa yang anda inginkan. Jadi dengan aplikasi ini, anda tidak perlu khawatir ketika berjalan-jalan ke luar negeri dan ingin menterjemahkan nama suatu tempat.

 

2. Office Lens

Office Lens merupakan sebuah aplikasi OCR yang dibesut oleh Microsoft bagi pengguna smartphone.  Fungsi utama dari aplikasi scan teks android yang satu ini adalah memberikan hasil conversi teks yang bersih dari gambar yang ingin di scan. Selain itu, anda juga bisa melakukan crop yang tepat untuk menghilangkan objek yang tidak diperlukan serta memperbaiki distorsi yang mengganggu. Hasil konversi anda dapat disimpan dalam berbagai ekstensi mulai dari PDF, DOCX, PPT, dan OneNote yang merupakan produk Microsoft.

 

3. Text Fairy

Bagi anda yang terbiasa dengan dokumen cetak dan ingin melakukan scan dengan mudah, aplikasi Text Fairy menjadi alternatif yang tepat dan cepat untuk memudahkan pekerjaan anda. Aplikasi ini dapat membaca teks lebih dari 50 bahasa, yang dapat langsung dikonversikan menjadi data teks maupun pdf yang bisa anda edit. Aplikasi ini juga dapat anda unduh gratis dan bebas dari iklan yang sering kali muncul dan mengganggu pekerjaan anda.

 

4. CamScanner

CamScanner pernah menjadi salah satu aplikasi OCR terbaik yang termasuk dalam 50 aplikasi terbaik versi majalah Time tahun 2013 lalu. Secara umum, CamScanner merupakan aplikasi scan digital yang mengandalkan hasil bidikan lensa kamera. Aplikasi ini juga memungkinkan anda menambahkan watermark untuk menandai hasil pekerjaan anda. Jika anda ingin menggunakan fasilitas lengkap aplikasi ini, tentu saja anda harus membeli versi premium dari aplikasi Aplikasi scan teks android yang satu ini.

Sumber : bandoppler.com