Apa Saja Keunggulan Buah Naga, Wajib Diketahui !

Keunggulan Buah Naga

Buah cantik berwarna kulit merah ini begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan, dikarenakan melimpahnya nutrisi yang di dalamnya, buah naga dijuluki sebagai makanan superfood. Buah naga mempunyai bentuk fisik yang tergolong unik, dari kulitnya yang layaknya seperti kulit naga sampai dagingnya yang berwarna merah pekat namun ada juga yang berwarna putih.

Hal tersebut tak lepas dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin C dan E, kalsium, serat, zat besi, dan masih banyak lagi. Fakta itu pula yang menjadi alasan mengapa buah ini kian diminati di Indonesia.

Dagingnya hampir mirip seperti buah kiwi, terdapat biji hitam didalamnya, tetapi daging pada buah naga ini mempunyai rasa sebalikya yakni manis. Buah yang dikenal dengan nama lain pitaya ini sendiri berasal dari benua Amerika Tengah, selanjutnya buah ini diekspor ke lebih banyak negara subtropis Asia Tenggara seperti contoh Malaysia, Vietnam, dan juga termasuk Indonesia. Sebelum mengupas tuntas manfaatnya yang melimpah, menarik untuk menemukan fakta-fakta unik yang belum banyak diketahui mengenai buah naga:

  • Siapa yang menyangka ternyata buah naga tumbuh pada tanaman jenis kaktus pitaya.
  • Bunga tanaman pitaya hanya mekar selama satu malam per siklus buah.
  • Setiap tanaman kaktus pitaya mampu menghasilkan sampai 10 kilogram buah naga setiap tahun.
  • Hewan nokturnal seperti ngengat dan kelelawar adalah yang sangat berjasa dalam penyerbukan buah ini.
  • Cara terbaik untuk menikmati buah naga adalah dengan mendinginkan buah naga terlebih dahulu.

 

Kandungan Gizi Pada Buah Naga

Berikut ini merupakan berbagai kandungan yang ada pada buah naga yang sangat bermanfaat serta dapat menyehatkan tubuh Anda:

1. Jumlah kandungan buah naga

Buah naga umumnya dikonsumsi dalam bentuk buah fresh sebagai penghilang dahaga. Kandungan buah naga sendiri terdiri dari kandungan air yang sangat tinggi, yakni sekitar 90% dari berat buah. Rasanya lumayan manis sebab mempunyai kandungan takaran gula mencapai 13-18 briks. Buah naga juga dapat dihidangkan di dalam bentuk jus, sari buah, manisan maupun selai atau pun banyak ragam wujud penyajian sesuai selera.

Secara umum, ahli sependapat dan mengakui takaran buah naga kaya akan nutrisi ferum, potasium, serat, protein, sodium dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan dibandingkan dengan buah-buahan lain. Menurut AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, organisasi yang meneliti buah naga merah, buah kaktus madu itu sangat kaya akan bermacam zat vitamin dan mineral yang sangat baik untuk membantu menaikkan daya tahan dan berguna bagi metabolisme didalam tubuh manusia.

Penelitian memperlihatkan bahwa semua kandungan buah naga merah sangat baik untuk sistem peredaran darah, termasuk bisa memberi efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik didalam darah. “Penelitian juga tunjukkan kalau buah ini mampu menghambat kanker usus, selain menghambat kandungan kolesterol yang tinggi di dalam darah dan juga dapat menurunkan kadar lemak di dalam tubuh,” katanya.

Berikut merupakan jumlah kandungan buah naga yang dapat Anda peroleh jika memakannya:

  • Kadar Gula: 13-18 briks
  • Air: 90 %
  • Karbohidrat: 11,5 gr
  • Asam: 0,139 gr
  • Protein: 0,53 gr
  • Serat: 0,71 gr
  • Kalsium: 134,5 mg
  • Fosfor: 8,7 mg
  • Magnesium: 60,4 mg
  • Vitamin C: 9,4 mg

2. Kandungan nutrisi buah naga

Selain kandungan yang sangat banyak pada buah naga, buah satu ini pun juga bayak memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini merupakan beberapa kandungan nutrisi yang bisa anda dapatkan:

  • Protein (Dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh dan dapat menjaga kesehatan jantung)
  • Serat (mencegah kencing manis, kanker usus dan bisa untuk diet)
  • Karotin (Meningkatkan kinerja otak, menyehatkan mata dan dapat mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh)
  • Kalsium (menguatkan tulang)
  • Zat besi (menambah darah)
  • Vitamin B1 (mencegah demam badan)
  • Vitamin B2 (menambah selera makan)
  • Vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol)
  • Vitamin C (mencegah jerawat dan menghaluskan kulit).

 

Manfaat buah naga untuk tubuh manusia

Selain rasanya yang manis, berbagai kandungan pada buah naga  bisa membawa sejumlah efek positif, baik untuk jaga kesehatan hingga pencegahan beberapa penyakit, di antaranya adalah:

1. Kaya antioksidan

Manfaat buah naga  pertama yang bisa kamu dapatkan adalah perlindungan terhadap zat asing berbahaya. Terdapat betasinin dan betasantin yang berperan dalam menghindarkan tubuh dari paparan radikal bebas yang berasal dari luar.

Dua senyawa tersebut bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel-sel yang dapat berujung pada masalah serius.Menurut sebuah penelitian, antioksidan pada buah naga  cukup efektif untuk meminimalkan terjadinya peradangan di dalam tubuh, termasuk radang sendi osteoarthritis.

2. Tingkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah naga  selanjutnya adalah mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa karotenoid yang ada pada buah bisa memacu produksi sel darah putih secara masif.

Sel darah putih sendiri adalah komponen darah yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kekebalan, terutama saat sedang terjadi infeksi atau peradangan. Sel darah putih bekerja dengan membunuh zat berbahaya yang bisa memicu kondisi tersebut.

Saat kekurangan sel darah putih, kamu akan rentan terkena infeksi maupun inflamasi. Proses penyembuhannya pun juga relatif lebih lama, karena virus dan bakteri penyebabnya lebih leluasa untuk berkembang dan menyebar.

3. Bantu atasi sembelit

Ada banyak faktor yang ketika sulit buang air besar, salah satunya adalah kurangnya jumlah bakteri baik di dalam tubuh. Mengutip Healthline, ada jutaan mikroorganisme yang hidup di dalam usus manusia, 400 di antaranya adalah dari jenis bakteri.

Tidak semua bakteri tersebut bersifat jahat, tapi ada juga yang berperan dalam membantu melancarkan sistem pembuangan. Keberadaan bakteri baik sangat bergantung pada asupan prebiotik, yaitu serat yang bisa meningkatkan jumlahnya.

Nah, kamu bisa mendapakan serat tersebut pada buah naga . Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012, serat prebiotik bisa memperbanyak jumlah bakteri asam laktat dan bifidobacterium dan dapat membantu mengatasi sembelit. Selain itu, bakteri baik tersebut juga diyakini bisa meminimalkan risiko kanker usus besar dan peradangan.

4. Bantu stabilkan gula darah

Tingginya kandungan serat yang ada di buah naga  berperan penting dalam menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Bukan hanya melancarkan sistem pencernaan, nutrisi tersebut dapat menghindarkanmu dari kondisi hipoglikemia (gula darah rendah) dan hiperglikemia (gula darah tinggi).

Mengutip Medical Daily, kandungan serat bisa menghambat lonjakan kadar gula darah setelah tubuh mendapat asupan makanan. Ini karena penyerapan serat sendiri berbeda dengan nutrisi lain, tidak menimbulkan efek seperti makanan dengan indeks glikemik tinggi.

5. Jaga kesehatan jantung

Selain untuk sistem pencernaan, buah naga bisa menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2010, konsumsi rutin buah naga  bisa melancarkan sirkulasi darah di arteri.

Dengan demikian, tekanan darah juga akan ikut stabil. Ini menjadi penting, karena saat tekanan tak stabil, jantung dipaksa memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, salah satu organ terpenting manusia itu bisa kehilangan fungsi terbaiknya.

Dalam jangka waktu panjang, berbagai penyakit kardiovaskular akan mudah menyerang, misalnya stroke dan serangan jantung.

6. Pencegahan kanker

Siapa sangka, buah naga  ternyata bisa membantu mencegah penyakit kanker, lho. Terdapat senyawa anti-karsinogenik, bisa mendeteksi dan membunuh sel-sel tumor yang berisiko tumbuh menjadi kanker.

Belum lagi, kadar likopen yang tinggi juga efektif mencegah sejumlah penyakit kanker, salah satunya adalah kanker prostat. Sebuah penelitian mengungkapkan, senyawa likopen cukup aktif menghambat perkembangan sel kanker yang berusaha menginvasi organ penting.

Selain itu, masih ada polifenol yang dapat meningkatkan kinerja reseptor sejumlah hormon. Ini membuat sel-sel jahat tak akan mudah untuk ‘menempel’ ke beberapa jaringan di dalam tubuh. Saat sel jahat tak mendapat tempat untuk berkembang, penyebarannya bisa ditekan.

Tertarik dengan buah naga ? pastikan anda juga tertarik mengetahui cara menanam buah naga yang tepat dan menghasilkan panen berlipat. Panduan yang tepat bisa anda terapkan dan langsung pratekkkan ya !