Apa Itu NFT dan Apakah Berbeda dengan Aset Kripto Lainnya

by -11 views
nft

NFT menjadi salah satu aset kripto yang belakangan ini ramai dibicarakan publik. Aset yang memiliki nama lengkap Non Fungitable Token ini mampu menjadikan seseorang yang bernama Ghozali mendadak menjadi kaya raya. Meskipun demikian, sepertinya tidak banyak yang mengetahui mengenai aset kripto yang satu ini. Sehingga penting memahaminya terlebih dahulu sebelum ikut mencobanya.

Apa Itu NFT?

Non Fungitable Token yang merupakan aset kripto pada umumnya digunakan sebagai alat investasi. Meskipun demikian, aset ini juga bisa dipasang pada file digital sehingga memiliki harga yang tinggi. Sebetulnya siapapun bisa mengubah file digital ke dalam bentuk aset kripto. Berbagai jenis file digital bisa diubah baik itu video hingga file musik.

Bahkan foto selfie sekalipun seperti yang diunggah setiap harinya oleh Ghozali ke Open Sea. Sama seperti aset kripto lainnya, Non Fungitable Token ini juga harganya bisa meningkat dengan melihat kondisi pasar. Seseorang yang membuat filenya sendiri bisa menentukan harga berdasarkan dari kualitas serta kesulitan dari proses pembuatan file tersebut.

File digital yang sudah diubah ke dalam bentuk file Non Fungitable Token tentunya memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Sebab, setiap file dari aset kripto mampu merekam transaksi karena dipasang ethereum. Meskipun demikian, bagi yang ingin melakukan transaksi dari aset Non Fungitable Token ini juga wajib memiliki kripto sebagai alat transaksinya.

Dengan begitu, transaksi tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan mata uang konvensional seperti dolar. Harus ada konversi terlebih dahulu dari mata uang konvensional ke mata uang kripto sebelum bisa membeli file Non Fungitable Token. Aset kripto yang satu ini memang bisa digunakan sebagai instrumen investasi dan sebagai media apresiasi bagi seniman.

Mengapa demikian? sebab file digital yang sudah diubah menjadi file Non Fungitable Token tidak dapat dihapus dan dicuri. Memiliki file ini sebagai hasil dari karya seni sama saja menjadikannya sebagai hak cipta. Sebab, ketika file Non Fungitable Token digunakan oleh seseorang tanpa ada persetujuan atau jual beli dari penciptanya maka file tersebut bisa ditarik kembali karena dianggap sebagai pencurian.

Apakah Berbeda dengan Aset Kripto Lainnya?

Setiap jenis aset kripto sudah pasti berbeda dan memiliki keunikan sendiri. Jadi, jika ditanya apakah Non Fungitable Token berbeda dengan aset kripto seperti bitcoin jawabannya tentu saja berbeda. Aset yang satu ini memang masih turunan dari kripto, lalu apa saja perbedaannya? Salah satu hal yang membedakan yaitu nilai tukarnya.

Meskipun masih sama-sama merupakan aset kripto tetapi nilai tukar dari Bitcoin dan aset Non Fungitable Token berbeda. Bitcoin memiliki nilai tukar yang selalu sama, sementara Non Fungitable Token nilai tukarnya berbeda karena ada tanda tangan si pemiliknya. Jadi, ketika seseorang memiliki uang Rp100 ribu bisa menukarnya dengan mata uang asing dan Bitcoin dengan nilai yang sama.

Namun, hal ini tidak berlaku pada NFT karena nilai tukar yang berlaku berbeda. Setiap file NFT nilai tukarnya tidak bisa disamakan karena terdapat tanda tangan dari pemiliknya.  Selain itu, aset Non Fungitable Token juga tidak bisa dibagi menjadi unit yang lebih kecil lagi. Maka, aset kripto ini memang lebih cocok untuk diperjual belikan karena tidak bisa ditukar dan dibagi.

Namun, sebelum coba berinvestasi dengan aset kripto ini sebaiknya pertimbangkan lagi mengenai risikonya. Sebab, tidak semua file bisa laku terjual dengan harga mahal seperti file Ghozali Everyday.

Demikian ulasan mengenai NFT serta perbedaannya dengan aset kripto lainnya. Aset kripto ini memang sedang populer sejak tren jual beli foto selfie Ghozali. Namun, jika dimantain dengan baik dan memperhatikan market pasti akan tiba momen yang menguntungkan. Jadi, tertarik mencobanya?

 

No More Posts Available.

No more pages to load.