6 Cara Membentuk Otot Perut Six Pack

Cara Membentuk Otot Perut Six Pack

Tidak ada rahasia untuk membentuk perut Anda six pack. Simak 6 tips gizi dan latihan berikut ini untuk mengetahui bagaimana Anda bisa sukses dalam meraih perut six pack!

Tampaknya Anda mencari ini di mana-mana, Anda menemukan sebuah situs setelah situs berjanji mengungkapkan rahasia atau kebenaran yang telah lama hilang untuk mendapatkan perut six pack. Meskipun beberapa dari situs ini resmi, kebanyakan hanyalah scam yang berusaha untuk merogoh kocek yang telah susah payah Anda peroleh.

Ketika usaha membangun perut six pack selalu begitu sulit dipahami, kita mudah terjebak dalam iklan mencolok dan janji-janji marketing. Video mentereng, copy penjualan tertulis profesional , dan testimonial selebriti bisa dibilang membuatnya mustahil untuk mencari tahu mana yang berhasil dan mana yang scam.

Dengan ribuan yang secara harafiah disebut “guru” menjanjikan Anda dunia, menjelaskan pelajaran omong kosong ke dalam bahasa yang Anda pahami merupakan salah satu hal yang mengintimidasi. Kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk menyaring semua sampah guna memilih pemenang.

APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN?

Berikut adalah hal yang banyak orang, termasuk banyak pelatih, abaikan: diet. Satu-satunya alat paling penting yang Anda butuhkan untuk membentuk perut adalah diet.

Terlepas dari apa yang telah Anda dengar, atau apa yang pil penurun berat badan menghebohkan baru-baru ini janjikan pada Anda, perut dibentuk di dapur dan tidak di gym. Anda bisa memiliki program pelatihan terbaik sepanjang waktu, tetapi jika diet Anda buruk, begitu pula perut Anda.

Faktanya, diet bertanggung jawab sekitar 90% dari hasil Anda. Rahasia untuk perut six pack tidak terkunci dalam pil suplemen atau ditemukan dalam latihan atau peralatan pembentuk perut.

Alih-alih terjerembab dalam janji-janji kosong, habiskan waktu Anda berfokus pada hal-hal penting, seperti prinsip-prinsip gizi kuat, dan tinggalkan peralatan lainnya.

 

ATURAN 1 KONSUMSI CUKUP PROTEIN

Protein akan membantu Anda membangun massa otot serta membakar lemak tubuh. Dari semua gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) protein tanpa lemak memiliki efek termogenik tertinggi pada tubuh.

Hal itu membuatnya sebagai zat gizi makro paling berharga dari semua, karena tubuh Anda membakar satu ton kalori untuk memecahnya.

Ini merupakan salah satu alasan utama mengapa atlet profesional dan binaragawan kompetitif mengkonsumsi diet tinggi protein dan juga memiliki beberapa beberapa bentuk fisik terbaik di planet ini! Hal ini berlaku juga untuk wanita, tidak hanya laki-laki.

Sebagaimana kita semua adalah manusia dengan DNA dan jaringan yang pada dasarnya sama, kita semua butuh protein untuk bertahan hidup dan juga membakar lemak tubuh!

ATURAN 2 KONSUMSI KARBOHIDRAT PASCA-LATIHAN

Kebanyakan orang telah salah dituntun untuk mempercayai bahwa karbohidrat itu buruk dan akan membuat Anda gemuk. Ini jelas sebuah mitos yang perlu dipatahkan!

Tentu saja makan segalanya terlalu banyak akan membuat berat badan bertambah, tetapi biji-bijian alami atau karbohidrat kompleks seperti ubi, beras merah, dan oatmeal sebenarnya cukup menguntungkan dalam pencapaian perut six pack Anda, terutama bila dimakan setelah latihan. Ketika Anda mengkonsumsi karbohidrat pasca-latihan, mereka memiliki kesempatan terkecil berubah menjadi lemak tubuh.

Cobalah untuk mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedang dan 1-2 cangkir sayuran pada setiap porsi makan. Ini akan menjamin tubuh Anda memperoleh vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang dibutuhkan untuk berfungsi maksimal dan tetap sehat.

 

ATURAN 3 KONSUMSI LEMAK SEHAT

Pastikan Anda menyertakan lemak sehat terutama dari lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal seperti kacang-kacangan mentah, selai kacang, minyak ikan, dan minyak zaitun ke dalam diet Anda.

Diet lemak dari sumber-sumber ini akan menjaga tingkat insulin stabil, yang mana sangat penting jika tujuan Anda adalah menghilangkan lemak perut dan menonjolkan six pack. Saya tidak mengatakan pergilah dan makan setoples kacang mete.

Saya hanya mengatakan bahwa Anda tidak perlu takut untuk memasukkan lemak sehat dalam diet Anda. Dengan semua yang disebut guru “diet rendah lemak” di luar sana dan sejumlah besar berita negatif tentang lemak, sangat mudah untuk salah mempercayai bahwa menghilangkan lemak dari diet merupakan hal yang baik. Tetapi sebenarnya adalah bencana diet, terutama jika Anda pecinta bentuk fisik.

Dengan mengkombinasikan protein bersama karbohidrat baik, lemak dan sayuran berdaun hijau dalam jenis dan jumlah yang tepat,  Anda akan mulai meningkatkan sistem metabolisme dan mengubah tubuh menjadi mesin pembakar lemak 24/7.

Bagian terbaik tentang itu adalah Anda akan dapat melakukannya tanpa suplemen ajaib, alat pembentuk perut, dan tanpa melakukan ratusan crunch.

ATURAN 4 FOKUS PADA DIET ANDA

Guna membakar lemak dan menampakkan perut rata,  six pack Anda, penting untuk mengkonsumsi diet seimbang yang terdiri dari protein, lemak sehat dan beberapa karbohidrat.

Protein membantu membentuk struktur bangunan otot dan mungkin merupakan zat gizi makro yang paling penting dari semuanya, terutama karena tubuh Anda membakar satu ton kalori untuk mencerna protein.

Menghitung jumlah yang tepat dari asupan karbohidrat bisa jadi rumit, tetapi strategi yang baik untuk digunakan adalah mengkonsumsi sebagian besar karbohidrat Anda pasca-latihan.

Ketika mengkonsumsi karbohidrat setelah latihan, tubuh Anda dengan cepat menyerap karbohidrat secraa langsung ke jaringan otot, meningkatkan pertumbuhan. Karbohidrat pasca-latihan juga membantu otot pulih lebih cepat, yang akan memberi Anda hasil lebih baik dengan lebih cepat.

Banyak orang percaya mengkonsumsi lemak akan membuat Anda gemuk, tetapi kenyataannya, lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang sehat seperti minyak ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun benar-benar akan membantu Anda membakar lebih banyak lemak dibandingkan diet rendah lemak.

Diet lemak dalam makanan Anda akan menjaga kadar insulin stabil, yang akan membantu mencegah Anda mendapat tambahan lemak tubuh.

Tips diet terakhir adalah untuk menyertakan banyak serat dan sayuran mentah pada setiap porsi makan. Sayuran yang mengandung berton-ton serat, antioksidan, vitamin, dan mineral semuanya penting untuk membangun tubuh ramping dan otot perut six pack.

ATURAN 5 BERHENTI MELAKUKAN RIBUAN CRUNCH

Latihan compundmulti-joint, gerakan tubuh keseluruhan akan meningkatkan lebih banyak penurunan lemak total dan meningkatkan respon pembentukan otot jauh lebih besar dibandingkan dengan crunch dan sit-up.

Secara pribadi, saya berpikir bahwa hal tersebut benar-benar sia-sia membuang satu jam waktu Anda melakukan ratusan crunch dan sit-up yang tidak berguna ketika jam tersebut dapat dihabiskan untuk melakukan latihan yang lebih produktif untuk menghilangkan lemak.

Bekerja sebagai model kebugaran, saya biasanya melatih perut sekitar 20 menit dua atau tiga kali setiap minggu. Hanya saja tidak ada alasan untuk melatih perut lebih dari ini! Berikut adalah daftar latihan gabungan hebat yang harus dimiliki dalam program latihan Anda:

  • Barbell Squat
  • Dumbbell Lunge
  • Barbell Deadlift
  • Military Press
  • Dips
  • Close-Grip Bench Press
  • Pull up
  • Bench Press
  • Push up

ATURAN 6 GUNAKAN METODE KARDIO YANG LEBIH CERDAS

Saya yakin Anda mungkin pernah mendengar bahwa cara terbaik untuk membakar lemak adalah dengan  latihan kardio berdurasi panjang pada kecepatan lambat hingga sedang. Metode penurunan lemak ini cukup layak, tetapi ada cara yang lebih baik. Saya sarankan melakukan latihan interval dikombinasikan dengan latihan perut.

Selama periode pemulihan aktif dari latihan interval Anda, lakukan latihan perut. Misalnya, jika Anda melakukan sprint interval pada sepeda stasioner atau treadmill, jalankan selama 30 detik dengan kecepatan maksimum Anda.

Matikan mesin dan segera lakukan satu set 20 kali latihan crunch dengan bola. Hidupkan mesin dan kayuh kembali. Ulangi 5-8 kali.

Anda dapat melakukan berbagai latihan perut yang berbeda selama sesi interval ini seperti crunch terbalik, plank, dll.

KESIMPULAN

Ringkasannya, kunci untuk mendapatkan perut six pack kekar berotot adalah pastikan fokus pada diet Anda, sementara menggabungkan latihan multi-jointcompund dan kardio yang cerdas ke dalam rutinitas latihan Anda. Itulah rahasia yang telah lama hilang yang harus Anda gunakan jika ingin berhasil dalam usaha membentuk perut six pack.