5 Tanaman Rambatan yang Tahan Panas

by -5 views
5 Tanaman Rambatan yang Tahan Panas

Tanaman rambatan merupakan tanaman yang memanfaatkan inangnya sebagai tempat untuk tumbuh. Terdapat beberapa jenis tanaman merambat yang juga menjadikan inangnya sebagai penopang hidup sepenuhnya.

Hal ini berarti tanaman tersebut menjadikan inang sebagai tempat untuk tumbuh dan mencari sumber makanan, namun terdapat pula tanaman merambat yang hanya menjadikan inang sebagai tempat untuk tumbuh. Sedangkan untuk makanan tanaman tersebut melakukan proses fotosintesis secara mandiri.

Terdapat pula jenis tanaman merambat yang tahan terhadap panas. Apa sajakah tanaman tersebut? Berikut rangkumannya untuk Anda.

Beberapa Tanaman Rambatan yang Tahan Terhadap Panas

Berikut tanaman merambat yang tahan panas, antara lain :

  1. Tanaman Wisteria

Tanaman wisteria merupakan tanaman subtropis yang tumbuh secara menggantung dengan warna ungu dari bagian bunga serta warna hijau dari bagian daun. Perpaduan kedua warna tersebut memberikan daya estetika yang tinggi ketika Anda mengaplikasikannya sebagai penambah desain eksterior rumah.

Namun, tanaman rambatan yang satu ini memiliki harga yang mahal apabila Anda membelinya di Indonesia. Tidak hanya itu, tanaman ini juga memerlukan perawatan khusus yang bertujuan supaya tanaman tersebut dapat tumbuh subur. Hal ini tentunya juga bertujuan untuk menjaga daya estetik dari tanaman tersebut.

  1. Tanaman Petrea Volubilis

Tanaman merambat yang satu ini memiliki keunikan berupa mampu berubah warna. Perubahan warna tersebut terjadi saat bunga mekar maka warna bunga dari tanaman ini adalah ungu sedangkan saat bunga dari tanaman tersebut akan gugur maka warnanya menjadi hijau.

Hal inilah yang membuat tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang memiliki harga yang tinggi di pasaran. Tidak hanya itu, tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini juga sangat cocok diaplikasikan sebagai tanaman kanopi yang mampu menambah daya estetik rumah Anda.

  1. Tanaman Melati Irian

Tanaman Melati Irian merupakan jenis tanaman rambatan asli dari Papua yang memiliki warna orange kemerahan yang tumbuh secara menggantung. Umumnya, tanaman jenis ini dijadikan sebagai tanaman kanopi yang mampu menambah kesan seni dan alami pada desain eksterior rumah.

Tanaman ini memiliki kisaran harga yang tinggi karena memang memiliki eksistensi yang langka serta bentuk dan warna yang unik.

  1. Tanaman Soapwort

Tanaman merambat selanjutnya yang tahan terhadap panas dan direkomendasikan untuk Anda adalah tanaman soapwort yang memiliki keindahan dari segi warna dan bentuk fisik mahkota bunga. Tanaman ini memiliki warna putih yang bercampur dengan warna ungu pudar.

Dengan campuran warna hijau dari bagian daun tanaman ini sangat cocok dibudidayakan pada halaman rumah Anda sebagai tanaman pagar. Tentunya hal ini akan menambah kesan unik dan indah pada dekorasi taman atau bagian eksterior rumah Anda.

  1. Tanaman Sirih Merah

Sirih merah merupakan salah satu tanaman rambatan yang tahan terhadap panas dan bisa menjadikan suasana rumah menjadi lebih sejuk. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang membudidayakan atau menanam tanaman sirih merah di depan rumah atau di bagian pagar.

Tentunya keindahan dari tanaman ini mampu menambah kesan estetika pada rumah dan kesan asri, tidak hanya itu, tanaman yang satu ini juga merupakan tanaman toga yang banyak dibudidayakan untuk dijadikan sebagai alternatif dalam mengobati beberapa penyakit.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai tanaman rambatan yang tahan terhadap kondisi panas. Untuk membudidayakan tanaman tersebut Anda perlu mengetahui sifat dari tanaman. Hal ini tentunya untuk mengetahui cara perawatan yang tepat bagi tanaman hingga mampu tumbuh subur.

Anda juga bisa menggunakan jasa taman Jakarta Barat untuk memberikan dekorasi rumah menggunakan tanaman yang satu ini. Tentunya hal ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai nuansa alam. Selamat mencoba dan bersenang-senang!