4 Cara Mengatasi Penggunaan Lensa Kontak Yang Tidak Nyaman di Mata

Mengatasi Penggunaan Lensa Kontak Yang Tidak Nyaman di Mata-IGsansalens
Mengatasi Penggunaan Lensa Kontak Yang Tidak Nyaman di Mata-IGsansalens

HEALTHY.CO.ID – 4 Cara Mengatasi Penggunaan Lensa Kontak Yang Tidak Nyaman di Mata Apabila Anda biasa menggunakan kontak lens dan Terkadang ketika lensa kontak anda gunakan, maka mata terkadang tidak nyaman ketika penggunaan kontak lensa tersebut, padahal anda dalam waktu yang mendesak untuk bepergian dan sebagainya yang memang mengharuskan untuk menggunakan kontak lensa. Maka sebetulnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi penggunaan lensa kontak yang tidak nyaman di mata dan pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda semua.

Cara mengatasi penggunaan lensa kontak yang tidak nyaman di mata sebetulnya bisa dilakukan oleh anda semua terutama ketika kalian sudah terbiasa menggunakan kontak lens. Ketika mata tidak nyaman dengan penggunaan kontak lensa, maka hal ini jangan sampai dibiarkan karena akan mengganggu mata itu sendiri dan pastinya jangan terlalu dipaksakan apabila memang terasa sangat tidak nyaman sekali di saat kalian tidak mengetahui penyebab dan Apa saja cara untuk mengatasinya.

Penyebab mata tidak nyaman saat memakai kontak lens

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan Kenapa mata anda tidak nyaman saat menggunakan lensa kontak di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dikarenakan diameter lensa kontak yang terlalu besar ataupun terlalu kecil, sehingga hal ini mengakibatkan kurang pas di mata
  2. Mata Anda mengalami mata kering, walaupun hal ini menjadi sesuatu yang wajar dikarenakan ketika pertama kali mata bersentuhan dengan kontak lens maka biasanya mata akan kering terlebih dahulu dan selanjutnya ketika mata bergerak maka biasanya mata akan kembali normal.
  3. Terlalu lama memakai kontak lensa dan sangat direkomendasikan untuk rajin membersihkan kontak lensa tersebut
  4. Kontak lensa sudah lama digunakan sehingga fungsinya sudah berubah, maka sangat direkomendasikan untuk mengganti kontak lensa.

Cara mengatasi penggunaan lensa kontak yang tidak nyaman di mata

Selanjutnya di bawah ini adalah empat cara yang bisa kalian lakukan supaya mengatasi mata yang tidak nyaman saat memakai kontak lensa dan bisa anda lakukan semenjak sekarang dan caranya adalah sebagai berikut:

Menggunakan obat tetes mata

Untuk cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan memakai produk obat tetes mata yang memang khusus untuk melumasi mata anda dan hal ini adalah salah satu cara yang sangat terbaik dalam mengatasi mata yang tidak nyaman ketika memakai kontak lensa dan juga bisa menghindari terjadinya peradangan, karena adanya iritasi mata yang kering.

Anda tinggal meneteskan 1-2 obat tetes mata di saat mata sudah mulai mengering dan terasa tidak nyaman, akan tetapi ketika rasa tidak nyaman terus terjadi, maka sebaiknya anda melakukan konsultasi kepada dokter ahli terutama untuk mengetahui kontak lensa yang cocok dan juga obat tetes mata yang bagus.

Mengurangi waktu penggunaan

Selanjutnya cara kedua yang bisa kalian lakukan ketika mata sudah tak lagi nyaman menggunakan kontak lensa yaitu dengan mengurangi penggunaan kontak lensa itu sendiri. Walaupun lensa kontak memang dibuat sangat ramah untuk mata dan bisa bersentuhan langsung ke area mata, akan tetapi mata pun mempunyai jeda untuk istirahat dan oleh karena itu penggunaan kontak lensa haruslah dikurangi jika terjadi rasa tidak nyaman.

Anda bisa berhenti sejenak menggunakan kontak lensa dan menggunakan kacamata terlebih dahulu dan selanjutnya ketika memakai kacamata, anda bisa merendam lensa di casing-nya dengan cairan khusus supaya kontak lensa tetap terjaga dan tetap terhidrasi.

Menghindari make up berlebih di area mata

Ternyata memakai make up yang berat di area mata maka hal ini bisa membuat mata Anda semakin tidak nyaman ketika memakai kontak lensa. Maka hindarilah pemakaian make up yang terlalu berlebih di area mata dikarenakan hal ini bisa menjadi solusi yang bagus untuk mengatasi mata yang tidak nyaman saat penggunaan kontak lensa.

Membersihkan lensa kontak

Salah satu hal yang sangat penting dan wajib untuk kalian lakukan yaitu menjaga kebersihan dan keamanan lensa kontak dari apapun, maka bisa saja ketika mata sudah tidak nyaman dalam penggunaan lensa kontak karena lensa yang kalian miliki kotor dan sebagainya. Maka solusinya yaitu dengan rajin membersihkan lensa kontak.

Cara itulah penjelasan kami tentang 4 cara mengatasi penggunaan lensa kontak yang tidak nyaman dimata yang bisa dilakukan oleh siapapun dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk anda semua dan kami ucapkan selamat mencoba.