11 Manfaat Minyak Ikan

Manfaat minyak ikan tampaknya berulang-ulang dan terus-menerus digaungkan dalam kepala Anda. Sepanjang riset Anda mengenai manfaat kesehatan dari minyak ini, Anda mungkin sudah menemukan efeknya dalam membantu pencernaan seseorang, tetapi apakah Anda sudah membaca keuntungan lainnya?

Apakah riset Anda memberitahukan tentang manfaat lain dari minyak ikan seperti kontribusinya terhadap peningkatan memori, berat badan dan juga hati Anda?

Apa pentingnya minyak ikan?

Sebelum kita fokus pada manfaat minyak ikan, mari kita bicara sedikit tentang latar belakangnya terlebih dahulu. Sederhananya, minyak ikan (atau asam lemak omega-3) adalah istilah yang disebut untuk asam lemak yang terdapat dalam ikan yang kita konsumsi. Dulunya, minyak ikan hanya bisa diperoleh dengan memakan daging ikan secara langsung, tetapi karena kemajuan teknologi modern saat ini, suplemen minyak ikan dibuat tersedia secara umum bagi masyarakat. Sekarang, semakin banyak orang mengkonsumsinya bersama makanan mereka.

Ini berarti lebih banyak orang yang juga mengambil keuntungan dari manfaat minyak ikan yang ditawarkan tersebut!

1. Jantung: Minyak ikan mengurangi risiko komplikasi jantung.

Jika Anda perlu mengontrol tekanan darah tinggi dan menurunkan jumlah trigliserida dalam tubuh, konsumsilah asam lemak omega-3. Anda lihat, omega-3 membuat pembuluh lebih elastis dan relaks—ini berarti darah dapat melewatinya dengan lebih mudah. Bahkan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menyatakan bahwa peningkatan asupan minyak ikan dapat mengurangi risiko seseorang terkena stroke dan penyakit jantung koroner.

Dosis yang dibutuhkan: 3.000 hingga 4.000 mg omega-3 per hari dapat menurunkan kadar trigliserida sebesar 30%.

2. Kulit dan Corak: Minyak ikan dapat mempercantik kulit.

Guru kecantikan, dengarkan: minyak ikan mengurangi jerawat, melindungi Anda dari sengatan matahari dan bahkan mengurangi kulit terkelupas. Anda bahkan tidak perlu memakai make-up berlebih lagi untuk menutup noda-noda di kulit.

Dosis yang dibutuhkan3,000 mg per hari. Juga, kurangi asam lemak omega-6 seperti susu, snack berlemak, dan makanan berminyak untuk benar-benar melihat perbedaannya.

3. Nyeri: Minyak ikan mengurangi gejala osteoartritis.

Minyak ikan bekerja dalam dua pendekatan: minyak ini diketahui untuk mengurangi peradangan selular, dan melindungi sendi dari nyeri dengan menghambat bahan kimia penyebab rasa sakit di dalam tubuh. Ucapkan selamat tinggal pada obat penghilang nyeri!

Dosis yang dibutuhkan: 2.000 mg per hari.

4. Penampilan Umum: Minyak ikan menghambat tanda-tanda penuaan yang tidak sehat.

Telomerase adalah ujung ekstrim dari DNA kromosom. Pada dasarnya, untuk terlihat lebih muda, Anda butuh telomerase lebih panjang. Sebuah studi oleh The Heart and Soul Society menemukan bahwa pasien dengan tingkat minyak ikan lebih rendah dalam darahnya memiliki telomerase yang lebih pendek. Jadi, isilah dengan minyak ikan, miliki telomerase lebih panjang dan terlihatlah lebih muda.

Dosis yang dibutuhkan: 1.000 mg per hari.

5. Mood: Minyak ikan mencegah depresi.

Anda mungkin terkejut bahwa diantara manfaat minyak ikan, ini yang sebenarnya paling sedikit diketahui. Ilmuwan Universitas Montreal menemukan bahwa pasien dengan depresi moderat yang mengkonsumsi 1.200 mg minyak ikan setiap hari mengalami penurunan depresi secara signifikan.

Dosis yang dibutuhkan1.200 mg per hari.

6. Berat Badan: Minyak ikan membakar lemak dengan efektif.

Asam lemak omega-3 dengan seketika digunakan sebagai energi, sehingga mereka sebenarnya membantu mengurangi lemak tubuh. Pastikan berolahraga secara teratur juga untuk benar-benar melihat peningkatannya!

Dosis yang dibutuhkan3.000 mg per hari.

7. Kognitif: Minyak ikan meningkatkan memori.

Suplemen minyak ikan membantu Anda berpikir lebih jelas, dan dapat juga mencegah penurunan fungsi otak.

Dosis yang dibutuhkan1.000 mg per hari.

8. Daya Tahan Tubuh: Melawan kanker payudara.

Diantara manfaat minyak ikan, ini yang paling kontroversial. Dimana mengatakan, studi penelitian menunjukkan bahwa asupan minyak ikan membuat Anda 14% lebih tahan terhadap kanker payudara.

Dosis yang dibutuhkan1.000 mg per hari.

9. Otot: Mempertahankan bentuk dan massa otot.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi, minyak ikan membantu memelihara otot dan mencegah kehilangan otot.

Dosis yang dibutuhkan2.200 mg per hari.

10. Perlindungan: Minyak ikan melindungi Anda dari polusi udara.

Asam lemak omega-3 membantu membentengi Anda dari efek kerusakan jantung yang akan Anda alami jika terpapar polusi udara.

Dosis yang dibutuhkan3.000 mg per hari.

11. Tulang: Mengoptimalkan tulang.

Omega-3 adalah komponen penting untuk tulang yang sehat dan kepadatan tulang yang terpelihara.

Dosis yang dibutuhkan1.000 mg hingga 3.000 mg per hari.

Jadi, mana dari manfaat tersebut yang paling cocok dengan Anda? Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi bagi saya, ketika saya mengetahui pengaruhnya untuk menurunkan depresi, saya langsung memesan minyak ikan untuk asupan satu tahun dan saya menunggu untuk menuai manfaatnya segera!

Written By
More from Healthy Author

Manfaat Kolagen Untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Kolagen adalah komponen utama dalam membentuk tendon, ligamen, otot dan tulang rawan....
Read More